Kamis 12 Aug 2021 12:58 WIB

Menteri LHK: Bank Sampah Penting Membangun Bangsa

Bank sampah berperan memberdayakan masyarakat untuk bisa produktif.

Red: Ilham Tirta
Bank sampah (ilustrasi).
Foto: Rumah Zakat
Bank sampah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya menegaskan, bank sampah memiliki peran penting dalam membangun bangsa dan memberikan dampak nyata di tingkat akar rumput. Bank sampah dapat menjadi wahana pendidikan masyarakat dengan pengembangan inisiatif dan inovasi di masyarakat.

"Disadari atau tidak, bank sampah berperan penting dalam membangun bangsa ini, di antaranya melalui, pertama kegiatan bersama di tengah masyarakat dalam menumbuhkan dan melembagakan gaya hidup bersih," ujar Menteri LHK, ketika membuka Rapat Koordinasi Nasional Bank Sampah 2021, yang dipantau virtual di Jakarta, Kamis (12/8).

Bank sampah, kata dia, juga berperan memberdayakan masyarakat untuk bisa menjadi produktif. Kemudian, menjadi ruang aktualisasi masyarakat dan kehidupan bermasyarakat, berpermerintahan, dan bernegera. Namun, tidak hanya sekadar tempat berkumpul dan bekerja sama, tetapi juga merupakan nilai dalam pengelolaan sampah.

Selain itu, menurut Siti, bank sampah di Indonesia juga memiliki nilai gotong royong dan kebersamaan. Dia menjelaskan, bank sampah berperan sebagai organisasi dan tempat aktivitas serta sebagai kegiatan produktif anggota masyarakat yang terus berkembang dan berpartisipasi dalam program negara mengurangi dan mengelola sampah sesuai target nasional dan daerah.

"Untuk saat ini dibarengi atau bersamaan dengan berkembangnya konsep sirkular ekonomi," ujar Siti.

Menurut data KLHK, sampai saat ini terdapat 11.566 unit bank sampah yang berada di 363 kabupaten/kota di Indonesia. Angka itu menujukan penambahan sekitar 3.500 unit sejak 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement