Kamis 12 Aug 2021 13:21 WIB

Lanal Labuan Bajo Gelar Donor Darah Wujud TNI AL Peduli

Lanal Labuan Bajo dan PMI Manggarai Barat menargetkan 40 orang ikut donor.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas PMI memproses donor darah warga (ilustrasi).
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Petugas PMI memproses donor darah warga (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LABUAN BAJO -- Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Labuan Bajo menggelar donor darah wujud TNI AL peduli di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lanal Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Kamis (12/8).

"Kegiatan donor darah ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia, termasuk Lanal Labuan Bajo. Kegiatan ini wujud dari TNI AL peduli," kata Komandan Lanal  Labuan Bajo Mayor Laut (KH) Budi Purwoto saat ditemui di lokasi.

Pelaksanaan donor darah digelar sehari mulai pukul 10.00 WITA, berkat kerja sama Lanal Labuan Bajo dan PMI Manggarai Barat. Budi menargetkan 40 kantong darah terkumpul dalam kegiatan tersebut. Partisipan kegiatan berasal dari personel TNI, Polri, masyarakat maritim, dan jurnalis.

Dia menjelaskan, petugas donor darah berasal dari RSUD Komodo dan PMI Manggarai Barat. Budi menjelaskan, acara itu merupakan kegiatan donor darah reguler. Adapun donor plasma konvalesen belum bisa dilakukan, karena alat di Labuan Bajo tak tersedia.

Budi menekankan pentingnya mendonorkan darah untuk memenuhi kebutuhan darah masyarakat. Baginya, darah tidak memiliki pengganti. Oleh karena itu, donor darah merupakan kegiatan sosial yang harus dilakukan untuk membantu sesama yang membutuhkan.

"Kami ajak masyarakat untuk donor darah, bantu sesama warga yang membutuhkan darah," kata Budi.

Seorang warga Labuan Bajo, Vera Bahali yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut, sangat mengapresiasi kepedulian TNI AL dalam bentuk kegiatan donor darah. Menurut dia, kebutuhan terus darah meningkat di tengah situasi pandemi Covid-19.

"Terakhir kali saya donor darah itu sebelum melahirkan, satu tahun lalu. Adanya kegiatan ini ya bisa fasilitasi kami yang ingin donor darah. Kita harus donor darah untuk bantu sesama yang membutuhkan," ujar Vera.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement