Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

 

7 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Tiga Rekor Messi di Barca yang Sulit Dipecahkan Pemain Lain

Kamis 12 Aug 2021 22:16 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto

Lionel Messi saat bermain memperkuat FC Barcelona.

Lionel Messi saat bermain memperkuat FC Barcelona.

Foto: EPA-EFE/Rafael Marchante
Nama Lionel Messi akan terus melegenda dalam sejarah sepak bola dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Nama Lionel Messi akan terus melegenda dalam sejarah sepak bola dunia. Kini kapten tim nasional Argentina itu sudah berseragam Paris Saint-Germain (PSG).

 

Namun, kenangannya bersama Barcelona, abadi. Selama 21 tahun ia menjadi bagian dari La Blaugrana.

Ada banyak catatan penting yang sudah Messi torehkan saat bermarkas di Camp Nou. Menurut barcauniversal.com, tiga rekor Messi ini, sulit dipecahkan oleh pemain lain.

Pertama, tentang catatan golnya dalam satu tahun kalender. Jumlah gol Messi sepanjang 2012 menyentuh angka 91. Saat itu, ia melewati rekor Gerd Mueller yang sempat bertahan selama empat dekade.

Perinciannya, Messi mencetak 79 gol dari 60 laga bersama Barcelona. Kemudian ia mengoleksi 12 gol dalam sembilan pertandingan di timnas Argentina.

Selama periode tersebut, ia sempat mencetak lima gol dalam satu pertandingan Liga Champions, yakni ketika Barca berhadapan dengan Bayer Leverkusen. Messi memecahkan rekornya sendiri. Sebelumnya pada 2010, ia mencetak empat gol saat klub raksasa Katalan bertemu Arsenal.

Kedua, Rekor gol di La Liga Spanyol. Pada November 2014, Messi di ambang pemecahan rekor pencetak gol terbanyak sepanjang masa kompetisi terelite ranah Matador.

Saat itu, masih ada Telmo Zarra di posisi terdepan dengan 251 gol. La Pulga hanya tertinggal sebiji gol dari legenda Athletic Bilbao tersebut.

Messi lantas diturunkan ketika raksasa Katalan berhadapan dengan Sevilla. Sang bintang berhasil membuat hattrick hingga melewati pencapaian Zarra.

Baca juga : Solskjaer Percaya Diri dengan Skuad Man United Musim Ini

Ketiga, saat Messi melampaui rekor Pele di Santos. Pada Desember tahun lalu, Messi mencetak gol ke-644 untuk Barcelona.

Fakta demikian membuatnya melewati catatan legenda hidup Brasil sebagai pencetak gol terbanyak di satu klub. Rekor Pele sempat bertahan selama 40 tahun, sebelum dipecahkan Messi.

Berjalannya waktu, jumlah gol La Pulga di EL Barca terus bertambah. Selama 17 musim berada di tim utama, sang bintang telah menyumbang 672 gol untuk Blaugrana. Catatan tersebut sulit ditandingi atau disamai oleh pemain mana pun.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile