Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

 

20 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Transaksi Industri Gim Dinilai Signifikan

Selasa 17 Aug 2021 05:57 WIB

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Fuji Pratiwi

Penggemar Game bermain game di handphone (ilustrasi). Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut industri gim bisa menjadi modal tersendiri bagi kebangkitan subsektor ekonomi kreatif di tengah pandemi. Kementerian Perdagangan sudah sejak awal melihat potensi produk-produk digital termasuk gim.

Penggemar Game bermain game di handphone (ilustrasi). Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut industri gim bisa menjadi modal tersendiri bagi kebangkitan subsektor ekonomi kreatif di tengah pandemi. Kementerian Perdagangan sudah sejak awal melihat potensi produk-produk digital termasuk gim.

Foto: Republika/ Yasin Habibi
Produk digital seperti gim merupakan salah satu pemimpin kontribusi terhadap  PDB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, Kementerian Perdagangan sudah sejak awal melihat potensi produk-produk digital termasuk gim daring atau e-sport. Produk tersebut merupakan salah satu pemimpin kontribusi terhadap  PDB.

 

"Angkanya signifikan dari sisi transaksi yang bisa dicapai," kata Jerry melalui siaran pers yang disampaikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Selasa (17/8).

Baca Juga

Jerry melanjutkan, Indonesia juga tercatat menempati urutan ke-16 dengan jumlah pengguna gim mencapai 43,7 juta pengguna. Pendapatan yang dihasilkan sebesar 879,7 juta dolar AS atau setara dengan Rp 12 triliun.

"Dari transaksi itu kami melihat perputaran yang dihasilkan dari industri ini mampu memberikan kontribusi besar bagi Tanah Air," ungkap Jerry.

Pemerintah, kata Jerry, melihat adanya creator game lokal. Mereka bisa dipacu bukan hanya sekadar berkontribusi untuk menghasilkan profit dari para pengguna di seluruh dunia tetapi secara umum uang masuk ke Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut industri gim bisa menjadi modal tersendiri bagi kebangkitan subsektor ekonomi kreatif di tengah pandemi. Terlebih dari 17 subsektor ekonomi kreatif (ekraf) di Indonesia, aplikasi dan permainan (gim) pada 2020 menempati posisi ke-7 penyumbang terbesar terhadap PDB ekonomi kreatif Indonesia.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile