Rabu 18 Aug 2021 15:29 WIB

Naver Webtoon Gandeng BTS Buat Komik Digital

Webtoon Entertainment ingin mengembangkan konten ini sebagai ini industri hiburan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Webcomic dari operator portal top Korea Selatan, Naver Corp., memperluas kerja sama dengan agensi K-pop BTS dan perusahaan lain, untuk membuat komik digital (ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/KIM HEE-CHUL
Webcomic dari operator portal top Korea Selatan, Naver Corp., memperluas kerja sama dengan agensi K-pop BTS dan perusahaan lain, untuk membuat komik digital (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Webcomic dari operator portal top Korea Selatan, Naver Corp., memperluas kerja sama dengan agensi K-pop BTS dan perusahaan lain, untuk membuat konten orisinal baru. Webtoon Entertainment mengatakan berencana membuat berbagai webcomics buatan lokal dan jenis konten kekayaan intelektual (IP) lainnya berdasarkan BTS dan artis K-pop lain di bawah perusahaan manajemen mereka, Hybe Co.

"Kami bertujuan memperluas dan mengembangkan konten storytelling kami menjadi inti industri hiburan melalui kerja sama dengan perusahaan konten global," kata CEO Kim Jun-koo saat konferensi pers daring dilansir Yonhap News, Rabu (18/8).

Kim Jun-koo juga mengatakan perusahaan akan fokus pada komik digital, yang semakin banyak diadaptasi menjadi film dan acara TV oleh layanan streaming video global, seperti Netflix. Perusahaan mitra lainnya, termasuk raksasa komik AS DC Entertainment untuk membuat berbagai konten berdasarkan alam semesta dan karakter perusahaan itu.

Kim Jun-koo juga menyoroti bahwa Naver Webtoon mengoperasikan platform terbuka, seperti Canvas, di mana siapa pun dapat berpartisipasi sebagai pencipta amatir dan mempublikasikan cerita mereka secara bebas. Naver meluncurkan Webtoon pada 2004 dan memperluas platform secara global pada 2014.

Naver mendirikan Wattpad Webtoon Studios dengan menggabungkan Naver Webtoon Studio dan Wattpad Studio, platform web novel global terbesar, yang diakuisisi Naver pada Mei lalu. Pengguna rata-rata bulanan gabungan dari kedua platform melebihi 167 juta. Lebih dari enam juta pembuat konten terdaftar di platform.

Pendapatan tahunan tertinggi yang dibuat pembuat Naver Webtoon adalah 10,6 juta dolar AS (sekitar Rp 152 miliar) pada tahun lalu. Pendapatan rata-rata semua pembuat asli Naver Webtoon adalah sekitar 238 ribu dolar AS (sekitar Rp 3,4 miliar).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement