Jumat 20 Aug 2021 10:54 WIB

Perwira Polisi Afghanistan Diselamatkan dari Kejaran Taliban

Khalid menjadi perwira polisi Afghanistan yang selama ini bekerja sama dengan AS

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Milisi Taliban mengibarkan bendera mereka saat berpatroli di Kabul, Afghanistan, Kamis, 19 Agustus 2021. Taliban merayakan Hari Kemerdekaan Afghanistan pada hari Kamis dengan menyatakan mereka mengalahkan Amerika Serikat
Foto: AP/Rahmat Gul
Milisi Taliban mengibarkan bendera mereka saat berpatroli di Kabul, Afghanistan, Kamis, 19 Agustus 2021. Taliban merayakan Hari Kemerdekaan Afghanistan pada hari Kamis dengan menyatakan mereka mengalahkan Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Perwira tinggi kepolisian Afghanistan Mohammad Khalid Wardak dan keluarganya berhasil diselamatkan dari ibu kota Kabul. Khalid merupakan salah satu pejabat tinggi Afghanistan yang selama bertahun-tahun bekerja sama dengan Amerika Serikat (AS).

Diburu Taliban, ia dan keluarganya bersembunyi di Kabul dan selalu terus bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya. Beberapa kali mereka gagal mencapai titik pertemuan untuk diselamatkan.  

Baca Juga

Setelah empat kali percobaan selama berhari-hari keluarga itu berhasil diselamatkan dengan helikopter dalam proses penyelamatan yang dramatis. Misi yang dinamakan Operation Promise Kept itu dilakukan pada malam hari.

Mantan kepala staf Kongres dan pejabat Gedung Putih AS Robert McCreary mengatakan operasi dilakukan oleh militer AS dan sekutu. McCreary pernah bekerja dengan pasukan khusus Afghanistan.

Misi penyelamatan itu didorong oleh teman-teman dan rekan-rekannya di militer AS. Mereka mengatakan Khalid menyelamatkan begitu banyak nyawa yang mungkin hilang bila ditemukan Taliban. Mereka meminta bantuan ke Kongres dan Kementerian Pertahanan serta Luar Neger AS.

"Saya pikir masyarakat mengerti kekacauan yang merajalela di ibu kota, brutalitas, dan efisiensi aksi mematikan yang digunakan Taliban untuk memastikan kekuasaan mereka sementara menghabisi ancaman terbesar, mereka yakni militer dan pasukan khusus," kata Mayor Sersan Pasukan Khusus Angkatan Darat AS, Chris Green yang pernah bekerja sama dengan Khalid di Afghanistan, Jumat (20/8).

Baca juga : Long Covid Mulai Mengkhawatirkan

Khalid dan keluarganya tidak dapat masuk ke bandara sebab Taliban menguasai pintu masuknya. Khalid dikenal luas karena jabatannya sebagai Kepala Polisi Provinsi Helmand dan kerap tampil di televisi. Ia juga pernah menantang Taliban untuk bertempur.

Green mengatakan ia sangat bahagia mendengar Khalid dan keluarganya kini aman. Ia menambahkan 'kebetulan' beberapa anggota penyelamat dari militer AS pernah bekerja sama dengan Khalid.

McCreary mengatakan sejumlah sekutu termasuk Inggris membantu operasi penyelamatan tersebut. Ia mengatakan Khalid, istrinya dan empat putra mereka yang berusia 12 hingga tiga tahun aman. "Di lokasi yang tak diungkapkan di bawah perlindungan Amerika Serikat," katanya.

Pemerintah mengatakan mitra-mitra AS di Afghanistan lainnya seperti polisi dan militer juga patut diselamatkan. AS mengatakan akan menggelar lebih banyak operasi penyelamatan tapi tidak bisa mengungkapkan detailnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement