Ahad 22 Aug 2021 18:54 WIB

Harga Cabai dan Tomat di DKI Turun Jelang Akhir PPKM

Harga pangan menjelang hari terakhir perpanjangan PPKM terbilang stabil.

Red: Ani Nursalikah
Harga Cabai dan Tomat di DKI Turun Jelang Akhir PPKM
Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman
Harga Cabai dan Tomat di DKI Turun Jelang Akhir PPKM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencatat terjadi penurunan harga pada beberapa komoditas hortikultura, seperti cabai merah besar, cabai rawit merah, dan tomat. Rata-rata mengalami penurunan 10 persen pada Ahad (22/8) atau hari terakhir kebijakan PPKM.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Provinsi DKI Jakarta Lia Imbasari menilai perkembangan harga pangan menjelang hari terakhir perpanjangan PPKM terbilang stabil. "Harga stabil disebabkan karena pasokan cukup, tidak adanya hari besar keagamaan dan tidak ada peningkatan permintaan masyarakat yang signifikan," kata Lia, Ahad.

Baca Juga

Adapun penurunan terbesar terjadi di komoditas hortikultura, seperti cabai dan tomat, serta daging ayam ras meski tidak signifikan turun Rp 296 atau 0,8 persen. Sementara itu, ketersediaan beras di DKI Jakarta sebanyak 83.856 ton.

Beras tersebar di Pasar Induk Beras Cipinang sebanyak 42.303 ton dan di Bulog Divre Jakarta Banten 41.553 ton. Jumlah tersebut terbilang aman untuk kebutuhan beras konsumsi rumah tangga Jakarta rata-rata sebanyak 2.747 ton per hari.