Ahad 22 Aug 2021 22:47 WIB

MU Catat Rekor Laga Tandang di Markas Southampton

Hasil 1-1 cukup bagi MU mempertahankan rentetan nirkalah dalam 27 laga tandang.

Red: Ratna Puspita
Paul Pogba dari Manchester United beraksi pada  pertandingan Liga Inggris antara Southampton dan Manchester United di Southampton, Inggris, 22 Agustus 2021.
Foto: EPA-EFE/FACUNDO ARRIZABALAGA
Paul Pogba dari Manchester United beraksi pada pertandingan Liga Inggris antara Southampton dan Manchester United di Southampton, Inggris, 22 Agustus 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester United mencatat rekor laga tandang saat memetik hasil imbang 1-1 di markas Southampton dalam pertandingan pekan kedua Liga Inggris di Stadion St. Mary's, Ahad (22/8). MU sempat tertinggal lebih dulu akibat gol bunuh diri Fred, tetapi jebolan akademi Mason Greenwood terus memperlihatkan kesuburannya demi menjaga tren nirkalah tandang Setan Merah.

Hasil imbang tersebut cukup bagi MU untuk mempertahankan rentetan nirkalah dalam 27 laga tandang beruntun. Angka ini menyamai rekor Arsenal yang pernah melakukannya pada 5 April 2003 sampai 25 September 2004, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca Juga

MU gagal kembali ke puncak klasemen dan hanya menduduki peringkat keempat dengan koleksi empat poin, sedangkan Southampton (1) berada di urutan ke-13. Kedua tim memasuki pertandingan dengan agresif dan Southampton nyaris membuka keunggulan pada menit pertama lewat eksekusi tendangan bebas akurat James Ward-Prowse, tetapi kiper David de Gea mengimbanginya dengan penyelamatan yang sigap.

MU balas mengancam ketika umpan tendangan bebas Bruno Fernandes bisa disambut Paul Pogba yang sayangnya masih membentur mistar gawang. Bola muntah yang disambar Anthony Martial bisa disapu oleh Mohammed Salisu yang berjaga di garis gawang.

Kebuntuan pecah pada menit ke-30 lewat tendangan Che Adams dari tepian kotak penalti untuk membawa Southampton memimpin. Bola sempat membentur mengenai Fred sehingga berbelok mengecoh De Gea dan tercatat sebagai gol bunuh diri.

Southampton berusaha menggandakan keunggulan mereka lewat sebuah serangan yang diakhiri umpan tarik Toni Livramento di muka gawang. Namun, bola tak bisa dijangkau oleh Adam Armstrong.

Semenit jelang turun minum kiper Alex McCarthy melakukan pengamatan akurat demi menghentikan bola tandukan Nemanja Matic yang menyambut umpan sepak pojok Luke Shaw. Tertinggal satu gol, para pemain tim tamu menuntut hadiah tendangan penalti tiga menit memasuki babak kedua saat merasa bola tembakan Pogba mengenai lengan Salisu, tetapi wasit Craig Pawson dan tayangan ulang VAR berkata tidak demikian adanya.

Upaya MU menyamakan kedudukan membuahkan hasil pada menit ke-55. Greenwood memperdaya McCarthy dari jarak dekat, menyudahi serangan yang dibangun dengan kombinasi apik antara Pogba dan Fernandes. 

MU nyaris membalikkan keadaan. Namun, tembakan Pogba masih melenceng dan tandukan Greenwood menyambut umpan silang Jadon Sancho masih mendarat di atap gawang.

Sebaliknya, tuan rumah juga berpeluang untuk merestorasi keunggulan jika saja De Gea tidak melakukan penyelamatan gemilang atas tembakan Armstrong dalam situasi satu lawan satu pada menit ke-74. Skor 1-1 tak berubah hingga peluit tanda laga usai terdengar, memaksa tren negatif Southampton yang selalu gagal mengalahkan MU dalam 11 laga kandang kendati selalu memimpin lebih dulu di tujuh pertandingan di antaranya.

Southampton selanjutnya akan melawat ke St. James' Park menghadapi Newcastle United pada Sabtu (28/8) pekan depan dan sehari berselang MU berpeluang menajamkan rekor tandangnya kala menyambangi Molineux bertemu Wolverhampton.

Sebelumnya, pada Rabu (25/8), Southampton bakal terlebih dulu melakoni laga putaran kedua Piala Liga Inggris di kandang tim kasta keempat Newport County.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement