Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

 

7 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Penjelasan Medis Puasa Sunnah yang Bisa Menyehatkan Tubuh

Senin 23 Aug 2021 01:32 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah

Puasa mempunyai manfaat kesehatan bagi mereka yang menjalankannya. Ilustrasi Berpuasa

Puasa mempunyai manfaat kesehatan bagi mereka yang menjalankannya. Ilustrasi Berpuasa

Foto: Pixabay
Puasa mempunyai manfaat kesehatan bagi mereka yang menjalankannya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Sejumlah riwayat sabda Rasulullah SAW menyatakan manfaat berpuasa. Puasa misalnya, dalam kondisi tertentu bisa memberikan manfaat kesehatan bagi pelakunya. 

 

Dalam riwayat Abu Hurairah yang antara lain dinukilkan Imam Ath Thabrani misalnya, potongan hadits Rasulullah SAW menyebutkan:

Baca Juga

 صُومُوا تَصِحُّوا “Berpuasalah kalian maka kalian akan sehat.” Meski hadits ini lemah menurut sebagian ulama, tetapi sebagian ulama lainnya menghukuminya hasan. 

Jamal Muhammad Az-Zaki dalam buku Sehat dengan Ibadah menjelaskan sederet manfaat puasa, termasuk puasa sunnah. Dia menjelaskan bahwa di antara bahaya paling menakutkan bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari adalah mengendapnya zat racun dalam sel, sebab itu dapat mengancam kesehatan.

Para ilmuwan mengatakan bahwa zat-zat racun yang menempel dalam sel akan menghambat kinerja sel dan memperlambat aktivitasnya. Zat-zat racun yang bersarang dalam tubuh, penumpukannya membutuhkan waktu yang cukup lama dan manusia tidak mungkin menghindarinya. Inilah yang menjadi faktor penuaan dini pada manusia.

Sedangkan, tubuh manusia berpotensi besar menyerap zat-zat racun. Sesungguhnya zat-zat racun yang menumpuk dalam tubuh senantiasa bekerja merusak sel-sel tubuh secara kontinuitas. Sedangkan puasa bekerja seperti senjata tersamar yang menangkal dan membuangnya tanpa meninggalkan pengaruh di bagian organ-organ manusia.

Untuk itu, puasa sunnah yang rutin seperti Senin-Kamis (setiap pekan) sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Dia dapat menjadi perisai tubuh yang menyerap zat-zat racun tadi.       

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile