Rabu 25 Aug 2021 13:58 WIB

Talenta Elly Kasim: Nyanyi, Opera, Hingga Wedding Organizer

Elly Kasim bukan cuma terkenal sebagai penyanyi pop Minang.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi lengendaris Elly Kasim lahir di Tiku, Tanjung Mutiara, Agam, Sumatra Barat. Elly meninggal dunia Rabu (25/8) di Jakarta.
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Penyanyi lengendaris Elly Kasim lahir di Tiku, Tanjung Mutiara, Agam, Sumatra Barat. Elly meninggal dunia Rabu (25/8) di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Elly Kasim tak hanya menonjol karena talentanya di dunia tarik suara. Ia pun terkenal sebagai seniman yang menyemarakkan seni pertunjukan, salah satunya lewat opera "Malin Kundang".

Sebagai pemimpin Sanggar Sangrina Bunda, Elly berkolaborasi dengan Titiek Puspa untuk pementasan opera "Malin Kundang" pada 2009. Opera itu merupakan bagian dari perayaan 30 tahun sanggar tersebut sekaligus salah satu dari rangkaian program "Save Our Culture".

Baca Juga

"Acara ini digelar untuk mengingatkan kita semua terutama generasi muda bahwa Indonesia memiliki kekayaan yang sangat besar dalam bidang seni budaya dan tidak kalah dari budaya luar negeri," kata Titiek Puspa saat itu.

Sangrina Bunda didirikan pada tahun 1978. Elly Kasim sebagai pengelola sanggar mengungkapkan, Sangrina Bunda telah berkeliling ke berbagai negara di Eropa untuk membawa misi kebudayaan, baik tari maupun opera dari sastra lisan Indonesia.