Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

14 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Wakaf Berpotensi Tingkatkan Perekonomian Negeri

Rabu 25 Aug 2021 15:10 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil

Wakaf Berpotensi Tingkatkan Perekonomian Negeri. Foto: Ilustrasi Wakaf / Wakaf Produktif

Wakaf Berpotensi Tingkatkan Perekonomian Negeri. Foto: Ilustrasi Wakaf / Wakaf Produktif

Foto: Republika/Prayogi
Wakaf Berpotensi Tingkatkan Perekonomian Negeri

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG--Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi, mengatakan wakaf merupakan salah satu potensi umat yang bisa dimanfaatkan untuk mendorong pergerakan ekonomi di Nagari.

"Potensi ini bisa dikelola melalui lembaga resmi seperti yayasan agar pemanfaatannya bisa lebih terarah," katanya saat meresmikan sekaligus menghadiri Pengukuhan Yayasan Wakaf Berkah Bersama di Mesjid Raya Padang Belimbing Kabupaten Solok, Selasa (24/8).

Baca Juga

Mahyeldi menyebut masing-masing nagari di Sumbar memiliki potensi ekonomi. Namun sebagian tidak tergarap secara maksimal karena kekurangan anggaran.

Yayasan Waqaf yang didukung bersama-sama oleh masyarakat nagari di kampung halaman dan di rantau bisa menjadi solusi untuk persoalan tersebut.

"Intinya adalah kekompakan antara masyarakat baik di kampung maupun di rantau. Ini yang diperlihatkan oleh masyarakat Padang Belimbing dengan pendirian Yayasan Wakaf Berkah Bersama ini," ujar Mahyeldi.

Ia mengatakan saat ini pemerintah sedang menggalakkan program wakaf uang untuk mendorong perekonomian. Sumbar ditunjuk menjadi provinsi percontohan untuk pelaksanaannya. Ia menyebut di Sumbar, ada Bank Nagari sebagai lembaga keuangan yang dipercaya untuk mengelola wakaf uang.

Ia menilai setiap nagari bisa mencontoh Padang Belimbing untuk mendirikan Yayasan Waqaf sehingga potensi yang ada tidak tersia-siakan.

"Kami mendukung penuh adanya lembaga pengelola wakaf di tingkat nagari ini," kata Mahyeldi menambahkan.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile