Kamis 26 Aug 2021 09:46 WIB

Langkah Erick Rangkai Gerak Pesantren Berdayakan Ekonomi

Upaya Menteri BUMN Erick Thohir dorong pemberdayaan ekonomi diapresiasi

Red: Nashih Nashrullah
Menteri BUMN Erick Thohir bertemu dengan tokoh-tokoh senior Nahdlatul Ulama Jawa Timur dengan penerapan protokol kesehatan
Foto: Dok Istimewa
Menteri BUMN Erick Thohir bertemu dengan tokoh-tokoh senior Nahdlatul Ulama Jawa Timur dengan penerapan protokol kesehatan

Oleh : Gus Ubaidillah Amin, Pengasuh Pesantren Kaliwining Jember

REPUBLIKA.CO.ID, —Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan informal tertua di Indonesia. Kontribusi pesantren dalam mencerdaskan kehidupan bangsa juga tak bisa dipandang sebelah mata. 

Kementerian Agama mencatat ada 26.973 pondok pesantren yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Jawa Barat memiliki jumlah paling banyak, yakni 8.343 pondok pesantren. Lalu, diikuti Banten, Jawa Timur, dan Jawa Tengah di kisaran 3-4 ribu pondok pesantren. 

Baca Juga

Sebagai lembaga yang didirikan masyarakat, pesantren mempunyai peran strategis, tidak hanya di bidang pendidikan, sosial, agama, dan kemasyarakatan, tetapi juga di bidang pemberdayaan ekonomi.

Berdirinya pesantren di sejumlah daerah, terbukti turut mendongkrak setidaknya taraf perekonomian masyarakat di lingkungan sekitar. Pemberdayaan santri juga penting sebagai upaya pembekalan santri saat terjun di masyarakat kelak.