Kamis 26 Aug 2021 09:47 WIB

Kanye West Resmi Ubah Namanya Jadi 'Ye'

Kanye West sudah ajukan perubahan namanya secara hukum.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Kanye West sudah ajukan perubahan namanya secara hukum.
Foto: Time
Kanye West sudah ajukan perubahan namanya secara hukum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Kanye West mengajukan permintaan pengubahan nama dirinya meniadi Ye secara hukum. Pengajuan ubah nama tersebut diakui lantaran dilatarbelakangi alasan pribadi.

Nama Ye sejatinya bukan hal asing yang dibawa Kanye West ke publik selama ini. Hanya saja, sekarang dia ingin meresmikannya, dilansir laman USA Today, Kamis (26/8).

Baca Juga

Rapper eksentrik berusia 44 tahun itu secara resmi mengajukan permintaan hukum untuk mengubah namanya dari moniker Kanye Omari West menjadi hanya Ye, tanpa nama tengah atau nama belakang, menurut dokumen Pengadilan Tinggi Los Angeles yang dilaporkan The Associated Press. Dokumen tersebut tertanggal 11 Agustus tetapi tidak dikirim ke sistem pengadilan sampai Selasa (24/8), waktu setempat. Artinya, hakim harus menyetujui sebelum permohonan itu menjadi resmi.

Ini bukan pertama kalinya West mencoba melepas nama lengkapnya. Pada tahun 2018, sang rapper mengumumkan di Twitter bahwa dia tidak lagi secara resmi dikenal sebagai Kanye West tetapi sebagai 'I YE'.

Ye, singkatan dari nama depannya, adalah nama panggilan lama West yang berasal dari singel hit 2012-nya "Clique" yang menampilkan Jay-Z dan Big Sean. Beberapa orang mungkin menyebut Ye sebagai alter ego, tetapi West menjelaskan bahwa dirinya memang ingin dikenal sebagai Ye.

"Siapa atau apa Kanye West tanpa ego? Just Ye,” katanya pada 2018.

Julukan Ye juga memiliki makna religius baginya. West memberi judul album studio kedelapannya "Ye," yang dirilis pada 2018. Dia percaya itu adalah kata yang paling umum digunakan dalam Alkitab dan dalam Alkitab itu berarti 'kamu'. West mengungkapnnya saat wawancara dengan Big Boy pada Juni 2018.

"Jadi aku adalah kamu, aku adalah kita, ini adalah kita. Itu berubah dari Kanye, yang berarti satu-satunya, menjadi hanya Ye - hanya menjadi cerminan dari kebaikan kita, keburukan kita, kebingungan kita, semuanya. album lebih merupakan cerminan dari siapa kita,” ujarnya.

Akun Instagram dan Twitter West saat ini menunjukkan namanya sebagai Ye, meskipun nama resminya tetap @Kanyewest di kedua platform. Rapper itu memiliki empat anak bernama North West, Saint West, Chicago West, dan Psalm West. Mantan isterimya Kim Kardashian West, tidak mengubah nama belakangnya menjadi hanya Kardashian ketika dia mengajukan gugatan cerai pada bulan Februari.

West menamai album studio kesepuluhnya yang sangat dinanti "Donda" setelah mendiang ibunda tercintanya Donda West, meninggal tahun 2007 pada usia 58 tahun setelah komplikasi dari operasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement