Ahad 29 Aug 2021 01:24 WIB

Tes Pramusim MotoGP di Mandalika Kehormatan untuk Indonesia

MotoGP akan menggelar tes pramusim di Sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari 2022.

Red: Israr Itah
Foto udara Sirkuit Mandalika di NTB.
Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Foto udara Sirkuit Mandalika di NTB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 11-13 Februari 2022 merupakan kehormatan besar untuk Indonesia, kata Chief Strategic and Communication Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Happy Harinto. "Ini sebuah kehormatan buat sirkuit Mandalika, buat Indonesia, untuk bisa dijadikan lokasi tes pramusim tahun 2022," kata kata Happy kepada Antara, Sabtu (28/8).

Walau termasuk sirkuit baru, Sirkuit Mandalika yang sudah masuk kalender World Superbike sebagai tuan rumah seri penutup pada 12-14 November tahun ini telah dipercaya MotoGP untuk tes pramusim 2022. Ia mengatakan, tidak semua negara bisa dipercaya menjadi lokasi untuk tes pramusim. Berbagai macam aspek diuji dalam tes pramusim, mulai dari fisik pembalap, motor, mesin, sasis, ban, baju hingga helm.

Baca Juga

"Jadi intinya semuanya yang ngetes, baik dari dari pembalap sampai teknisi tes, jadi itu nanti akan jadi standardisasi atau spesifikasi teknologi yang diterapkan di musim balap tahun 2022," kata dia.

Seluruh pe,balap MotoGP beserta pabrikan dan partner akan datang ke Sirkuit Mandalika. Menurut dia, ini merupakan embrio otomotif Indonesia untuk tampil gagah di mata dunia. 

Indonesia harus bisa memetik manfaat dari apa yang sudah dilakukan industri otomotif dari negara lain. Diharapkan, kesempatan jadi tuan rumah event yang sudah mendunia menjadi proses menuju masa depan otomotif Indonesia yang kian cemerlang.

"Masa depan otomotif Indonesia mudah-mudahan semakin bagus, ini juga jadi penyemangat tak hanya dari sisi otomotif, tapi juga industri pariwisata. Bagaimana kita mengemas dan mengelola kehadiran event dunia sekelas MotoGP," kata dia.

Sebelum Mandalika, MotoGP menjadwalkan tes pramusim di Sirkuit Internasional Sepang di Malaysia pada 5-6 Februari. Sesi tes shakedown digelar pada 31 Januari sampai 2 Februari di Sepang yang diikuti para test rider dan rookie.

Usai menguji coba paket motor terbaru di Malaysia, para pembalap bertolak menuju ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sementara itu, tes pramusim sementara kelas Moto2 dan Moto3 akan dilangsungkan di Sirkuit Jerez, Spanyol pada 22 hingga 24 Februari 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement