Sabtu 28 Aug 2021 21:38 WIB

MotoGP Inggris 2022 Digelar Lebih Awal pada Agustus

GP Inggris biasanya digelar pada akhir pekan pengujung bulan Agustus.

Red: Israr Itah
Suasana balap MotoGP di GP Inggris.
Foto: David Klein/Reuters
Suasana balap MotoGP di GP Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Balap MotoGP Grand Prix Inggris di Silverstone musim depan akan digelar lebih awal, yakni pada 5-7 Agustus, demikian diumumkan oleh Dorna Sports. Biasanya, GP Inggris digelar pada akhir pekan pengujung bulan Agustus.

GP Inggris telah kembali masuk ke kalender MotoGP musim ini dan digelar akhir pekan ini setelah dibatalkan karena pandemi Covid-19 pada tahun lalu. "Kami senang kembali ke arena ini lebih awal pada musim panas 2022 untuk memberi kami kesempatan terbaik menikmati layout luar biasa dan kecepatan ini dengan cuaca sebagus mungkin," kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta di laman resmi MotoGP.

Baca Juga

"Kami telah melihat sejumlah balapan luar biasa di sini dan saya menantikan untuk melihat lebih banyak lagi."

MotoGP kembali digelar di Silverstone sebagai seri ke-12 di kalender musim ini setelah tahun lalu balapan GP Inggris dibatalkan karena pandemi Covid-19. Awal musim ini, tidak ada pembalap Inggris yang membalap di kelas primer. Namun di Silverstone akhir pekan ini, paling tidak dua pembalap tuan rumah mendapat kesempatan tampil di depan para pendukungnya. Menyusul hengkangnya Maverick Vinales dari tim pabrikan Yamaha pada tengah musim, Cal Crutchlow bakal berseragam tim Monster Energy Yamaha sebagai tandem Fabio Quartararo di Silverstone. 

Kemudian pembalap Moto2 Jake Dixon mendapat kesempatan debut di MotoGP bareng tim Petronas Yamaha SRT. Ia akan mengendarai motor M1 spesifikasi 2019 milik Morbidelli akhir pekan ini.

Quartararo tiba di Inggris dengan keunggulan 47 poin sebagai pemuncak klasemen dari penantang terdekatnya, yaitu Francesco Bagnaia dari tim Ducati dan Joan Mir dari tim Suzuki, sementara Johann Zarco terlempar ke peringkat empat setelah hasil kurang memuaskan di Austria.

Marc Marquez masih memegang rekor lap dan pole position di Silverstone, dan juara dunia delapan kali itu masih memulihkan diri dari cedera lengan dan bahu musim ini. Pembalap Spanyol terlibat duel klasik dengan kompatriotnya Alex Rins di Silverstone 2019, tapi Rins mencuri kemenangan di tikungan terakhir menuju finis, yang menjadi salah satu finis terketat dalam sejarah MotoGP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement