Ahad 29 Aug 2021 14:09 WIB

Kapan Patut Curiga Flu yang Dialami adalah Gejala Covid-19?

Ketika sakit dengan satu gejala, kemungkinan Anda melihatnya "hanya pilek".

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Waktu yang tepat untuk mencurigai flu yang Anda alami adalah salah satu gejala Covid-19 (ilustrasi).
Foto: Republika/Mardiah
Waktu yang tepat untuk mencurigai flu yang Anda alami adalah salah satu gejala Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Seiring dengan adanya pandemi Covid-19, penyakit lain yang memiliki gejala hampir mirip seperti flu dan alergi juga tak pernah berakhir. Rasa gatal di tenggorokan dan pilek menimbulkan sedikit kekhawatiran.

Meskipun Anda pasti ingin memastikan diri menjaga kesehatan dengan serius, selalu ada kemungkinan Anda hanya berurusan dengan flu biasa. Namun berapa lama flu biasa berlangsung sebelum Anda curiga itu Covid-19? 

Menurut seorang internis bersertifikat di Summit Medical Group di Berkeley Heights, New Jersey, Soma Mandal, MD, satu sampai dua hari pertama dari flu biasa atau infeksi saluran pernapasan atas virus biasanya dimulai dengan gejala-gejala seperti hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan. Setelah itu, tiga sampai lima hari berikutnya dari flu, biasanya terjadi batuk dan hidung tersumbat lagi.

"Batuk dapat terjadi karena tetesan post nasal, jadi minum banyak cairan dan dekongestan dapat membantu meringankan gejala," ujarnya seperti dilansir laman Men's Health, Ahad (19/8).