Ahad 29 Aug 2021 21:59 WIB

Pakar Nutrisi: Mulai Pola Makan Sehat dengan Plant Based

Makanan 'plant based' efektif mengembalikan energi dan membentuk daya tahan tubuh.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Makanan 'plant based' efektif mengembalikan energi dan membentuk daya tahan tubuh.
Foto: PxHere
Makanan 'plant based' efektif mengembalikan energi dan membentuk daya tahan tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berdasarkan data dari Google Trend, ada peningkatan performa penelusuran terkait makanan sehat di antara masyarakat Indonesia pada Maret 2020, dan mencapai puncaknya pada Desember 2020. Data tersebut menunjukkan kesadaran akan makanan sehat di kalangan masyarakat Indonesia, meningkat secara signifikan.

Tidak bisa dipungkiri, pandemi Covid-19 secara tidak langsung mendorong masyarakat untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Certified Sports Nutritionist, dr Dion Haryadi, mengatakan, makanan sehat merupakan salah satu cara efektif untuk memiliki tubuh lebih sehat.

Baca Juga

"Menu makanan plant-based bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab, makanan berbasis nabati sangat efektif untuk mengembalikan energi serta meningkatkan daya tahan tubuh," ujarnya dalam webinar ‘Yuk, Kenalan Sama Plant Based Food IKEA’, belum lama ini.

Dion mengatakan, plant based adalah salah satu kunci hidup lebih sehat dan lebih baik di masa depan. Makanan plant based cara termudah dan termurah untuk siapapun.

Ia menekankan untuk yang baru memulai diet, jangan dilakukan secara langsung, dan lakukan perlahan sedikit demi sedikit. Banyak yang tidak menyukai sayur-sayuran, termasuk dirinya, yang dulu sempat anti memakan sayuran.

Namun, setelah ia mencoba sedikit demi sedikit, ia justru malah ketagihan dan sampai sekarang masih menjalani gaya hidup sehat dengan memakan sayuran. Bagi yang menjalani diet plat based, jangan lupa juga menambahkan sumber protein nabati.

“Yang masih takut nggak enak, ada caranya. Nggak usah langsung lompat rasanya, dari sering makan daging misalnya 100 persen, bisa kurangi jadi 90 persen, nanti bisa berkurang terus, jadikan itu sebuah kebisaan,” ungkap dia

“Kalau kita tidak berani mencoba, ya nggak akan pernah mulai. Dan mereka yang menjalani diet ini, biasanya makan yang itu-itu aja. Jadi ya harus kombinasi dan variasi, biar nggak bosan juga,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement