Saturday, 2 Jumadil Awwal 1444 / 26 November 2022

Saturday, 2 Jumadil Awwal 1444 / 26 November 2022

2 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Verstappen Juara GP Belgia yang Disetop karena Cuaca Buruk

Ahad 29 Aug 2021 17:43 WIB

Red: Israr Itah

Pembalap Red Bull Max Verstappen menjuarai GP Belgia yang disetop di tengah jalan akibat cuaca buruk.

Pembalap Red Bull Max Verstappen menjuarai GP Belgia yang disetop di tengah jalan akibat cuaca buruk.

Foto: EPA-EFE/John Thys
GP Belgia sempat tertunda lebih dari tiga jam dan akhirnya dihentikan di tengah jala.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap tim Red Bull Max Verstappen dinyatakan sebagai juara Grand Prix Belgia yang terpaksa tertunda lebih dari tiga jam karena cuaca buruk, sebelum akhirnya dihentikan karena kondisi trek yang membahayakan. Balapan sedianya dimulai Ahad pukul 15.00 waktu setempat, tapi hujan lebat dan kondisi trek yang membahayakan menunda start GP Belgia.

Sergio Perez menjadi korban cuaca buruk di Spa ketika ia kehilangan kendali mobilnya dan menabrak pagar pembatas di Les Combes. Sang pembalap Meksiko tersingkir lebih dini karena kerusakan suspensi depan mobilnya cukup parah, tak memberikan cukup waktu bagi kru tim Red Bull memperbaikinya.

Baca Juga

Kondisi trek yang tak semakin membaik menunda kembali start setelah Safety Car sempat memandu mobil-mobil kompetitor menjalani formation lap sebelum akhirnya kembali ke garasi masing-masing. Steward pada akhirnya memutuskan start ulang pada pukul 18:17 waktu setempat meski hujan belum juga reda dengan limit satu jam tersisa.

Hanya separuh poin balapan tersedia bagi pembalap apabila balapan berjalan antara dua lap dan 75 persen dari jarak asli, yaitu 44 lap. Direktur balapan Michael Masi mengonfirmasi balapan berjalan 39 putaran saja dengan 53 menit tersisa. Akan tetapi, kondisi trek dan cuaca tak semakin membaik dan para pembalap tak memiliki visibilitas yang baik, demikian pula ban dan rem yang tak bisa dipanaskan bisa membahayakan.

Race director memutuskan menghentikan balapan lagi dan para pembalap kembali ke pit. Setelah cuaca tak memungkinkan untuk menggelar balapan, GP Belgia terpaksa dibatalkan dan Verstappen, yang start dari pole position, dinyatakan sebagai juara mendapat 12,5 poin karena syarat minimal lap terpenuhi.

George Russell yang start dari P2 meraih finis podium perdananya di F1 berseragam tim Williams, sementara pemuncak klasemen sementara Lewis Hamilton membawa pulang 7,5 poin di P3, demikian laman resmi Formula 1.

Dengan hasil tersebut, Verstappen memangkas defisit delapan poin dari Hamilton menjadi tiga poin di klasemen. "Sangat disayangkan tak bisa menjalani lap yang pantas, tapi kondisinya sangat membahayakan di luar sana, visibilitasnya rendah," kata Verstappen."Hujan tak berhenti, tentunya ini adalah kemenangan tapi bukan dengan cara yang Anda inginkan."

Daniel Ricciardo finis P4 untuk McLaren di saat rekan satu timnya, Lando Norris berada di luar zona poin ketika finis P14. Ia mendapatkan penalti karena mengganti girboks setelah mengalami kecelakaan hebat pada sesi kualifikasi.

Sebastian Vettel melengkapi peringkat lima besar untuk Aston Martin diikuti pembalap Alpha Tauri Pierre Gasly di P6. Juara GP Hungaria Esteban Ocon berhak atas P7 di saat duet Ferrari Charles Leclerc dan Carlos Sainz finis sepuluh besar di P8 dan P10. Nicholas Latifi yang untuk kedua kalinya musim ini mempersembahkan poin untuk Williams setelah finis di P9. Valtteri Bottas finis P12 setelah mendapat penalti lima grid karena menjadi penyebab insiden tabrakan beruntun di Hungaria. 

Verstappen akan disambut para penggemar di kampung halamannya saat F1 berlanjut ke Sirkuit Zandvoort, Belanda, pekan depan.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile