Senin 30 Aug 2021 03:50 WIB

Taklukkan Cagliari, Milan Pesta Gol di San Siro

AC Milan mengalahkan Cagliari 4-1 lewat gol yang semuanya dicetak pada babak pertama.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Gelandang AC Milan Sandro Tonali (kanan) merayakan golnya ke gawang Cagliari dalam lanjutan Serie A, Senin (30/8) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/MATTEO BAZZI
Gelandang AC Milan Sandro Tonali (kanan) merayakan golnya ke gawang Cagliari dalam lanjutan Serie A, Senin (30/8) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- AC Milan mengamankan tiga poin saat menjamu Cagliari pada pekan kedua Serie A Italia di San Siro, Senin (30/8) dini hari WIB. Rossoneri menaklukkan Cagliari 4-1 dengan semua gol tercipta pada babak pertama. Olivier Giroud menyumbang dua gol untuk Milan.

Kemenangan ini membuat Milan menempati posisi empat klasemen sementara Serie A dengan nilai enam. Sedangkan Cagliari berada di peringkat 14 dengan nilai satu.

Baca Juga

Jalannya laga

Permainan berjalan dengan tempo lambat ketika Milan memilih untuk mempertahankan penguasaan bola di area sendiri pada lima menit pertama. Tuan rumah hampir memimpin di menit kedelapan jika Rafael Leao tidak ragu-ragu melepaskan tembakan ke gawang. 

Milan akhirnya memimpin ketika Sandro Tonali mencetak gol dari situasi bola mati pada menit ke-12 dari pelanggaran terhadap Alexis Saelemaekers. Tonali mengarahkan tendangannya ke sudut kiri atas yang tak terjangkau oleh Boris Radunovic. Skor 1-0 untuk Milan. 

Namun, tanpa butuh waktu lama, Cagliari berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-15 melalui tandukan Deiola ketika menyambut umpan matang dari Pedro di depan gawang.

Skor imbang membuat permainan berjalan makin sengit. Skor 1-1 hanya bertahan sebentar karena Milan kembali memimpin pada menit ke-17 saat tembakan Leao mengenai bagian belakang Diaz sehingga mengarah ke sudut kanan atas dan mengecoh Radunovic. Skor menjadi 2-1 untuk tuan rumah. 

Kedua tim bermain agresif dan Milan menghukum Cagliari lewat serangan balik pada menit ke-24. Diaz yang menggiring bola mengirimkann assist untuk gol ketiga Milan yang dicetak oleh Olivier Giroud. Tendangan firs time Giruod membuat skor 3-1 untuk Milan. 

Baca juga : Messi Cetak Debut dalam Kemenangan PSG Atas Reims

Di menit ke-33 Cagliari merangsek ke depan melalui Deiola, dan mendapatkan sepak pojok menyusul blok Tonali. Dari bola mati yang dieksekusi Nandez, Pavoletti melepaskan peluang langka yang melebar ke kanan gawang Maignan.  

Tuan rumah terus menekan, hingga pada menit ke-43 Strootman handball di tepi kotak 16. Awalnya wasit Marco Serra memberikan hukuman tendangan bebas untuk Milan. Namun informasi dari petugas VAR membuat Serra mengubah keputusannya menjadi hadiah penalti untuk Milan.

Giroud maju sebagai eksekutor. Tendangan kaki kirinya diarahkan ke kanan. Radunovic menebak dengan tepat, tapi bola melaju deras tak terjangkau dan menggetarkan jala gawang Cagliaro. Skor 4-1 untuk Milan menutup babak pertama.

Pada babak kedua, Cagliari mengawali serangan ke lini pertahanan Milan. Penetrasi yang dilakukan Marin membuat Cagliari mendapat hadiah tendangan sudut pada menit ke-49. Namun pertahanan Milan yang kuat membuat upaya itu tak berbuah hasil. 

Dengan keunggulan yang sudah diraih, tuan rumah tampak mengubah gaya permainan menjadi bertahan. Pelatih Stefano Pioli mengganti beberapa pemainnya. Leao yang pertama, digantikan oleh Ante Rebic.  Selanjutnya Saelemaekers ditarik digantikan Florenzi, dan Tonali digantikan Bennacer. 

Cagliari terus berupaya mencari celah untuk membongkar pertahanan Milan dan mengubah kedudukan. Dalbert keluar lapangan dalam digantikan dengan Lykogiannis dan Strootman yang tampak frustrasi diganti oleh Farias. 

Baca juga : Penerapan Isoter Tekan Covid-19 di Bali

Setelah berbagai perubahan yang dilakukan, tempo pertandingan perlahan semakin lambat. Milan ingin melihat permainan selesai tanpa ada masalah. Sementara Cagliari meningkatkan permainan, tetapi tidak benar-benar mendobrak pertahanan Milan. 

Pioli selanjutnya menarik Diaz dari lapangan untuk menurunkan Maldini. Adapun Cagliari menggantikan Pavoletti dengan Ceter dan Deiola dengan Pereiro. Namun tidak ada ancaman berarti.

Hingga laga berakhir, angka di papan skor tak berubah. Milan sukses mengamankan tiga poin kedua musim ini. 

Susunan pemain kedua tim: 

Milan (4-2-3-1): Mike Maignan; Davide Calabria, Simon Kjaer, Fikayo Tomori, Theo Hernandez; Rade Krunic, Sandro Tonali (Ismael Bennacer 68'); Alexis Saelemaekers (Alessandro Florenzi 68'), Brahim Diaz (Daniel Maldini 85'), Rafael Leao (Ante Rebic 68'); Olivier Giroud (Samu Castillejo 90+2'). 

Pelatih: Stefano Pioli 

Cagliari  (3-5-2): Boris Radunovic; Luca Ceppitelli (Gabriele Zappa 64'), Diego Godin, Andrea Carboni; Nahitan Nandez, Razvan Marin, Kevin Strootman (Diego Farias 75'), Alessandro Deiola (Gaston pereiro 85'), Dalbert Henrique (Charalambos Lykogiannis 75'); Joao Pedro, Leonardo Pavoletti (Damir Ceter 85')

Pelatih: Leonardo Semplici 

Klasemen Serie A Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement