Selasa 31 Aug 2021 19:18 WIB

Rahadewineta, Wasit Indonesia di Paralimpiade 2020

Sebelumnya, ia juga jadi wasit Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil 2016.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Mantan taekwondoin putri nasional, Rahadewineta, jadi wasit di Paralimpiade 2020.
Foto: Dok. Pri
Mantan taekwondoin putri nasional, Rahadewineta, jadi wasit di Paralimpiade 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Usai ditunjuk sebagai satu-satunya wasit asal Indonesia di ajang Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil 2016 silam, mantan taekwondoin putri nasional Rahadewineta,  kembali dipercaya untuk memimpin pertandingan cabang olahraga taekwondo di ajang Tokyo Paralympic Games 2020. Neta, sapaan akrabnya, kembali menjadi satu-satunya wasit wanita asal Indonesia yang ditugaskan World Taekwondo sebagai wasit di ajang empat tahunan tersebut yang akan digelar pada tanggal 2 hingga 4 September mendatang. 

Neta terpilih menjadi wasit di ajang Tokyo Paralympic Games 2020 bersama 30 wasit dari belahan dunia lainnya yang terpilih setelah melalui tahapan seleksi yang cukup panjang. 

Ia telah menjalani proses seleksi sejak 2019 silam di Moskow, Rusia, yang diikuti sekitar 500 wasit dari lima Benua yang diundang mengikuti seleksi tahapan awal yang kemudian mengerucut hingga menjadi 50 wasit international taekwondo terbaik di dunia. 

Adapun tes yang telah diikuti oleh Neta diantaranya, tes fisik, tes tertulis, scoring test, competition management test, serta interview.