Kamis 02 Sep 2021 06:51 WIB

Intelijen Inggris Gagal Prediksi Jatuhnya Kabul ke Taliban

Intelijen Inggris gagal menilai kapasitas Taliban mampu merebut Kabul dengan cepat

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab
Foto: EPA-EFE/INDONESIAN MINISTRY OF FOREIGN AFFAIR
Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengatakan dinas intelijen negaranya tak menduga ibu kota Afghanistan, Kabul, akan jatuh ke tangan Taliban tahun ini. Kendati demikian, dia menyebut Inggris tetap melakukan perencanaan kontingensi.

Dalam sesi darurat komite urusan luar negeri parlemen untuk membahas krisis Afghanistan, Raab mengatakan dinas intelijen Inggris telah menilai bahwa Taliban hanya akan mengkonsolidasikan kendalinya atas Afghanistan dalam beberapa bulan setelah negara-negara barat mengevakuasi pasukan mereka. “Proposisi utamanya adalah, mengingat penarikan pasukan pada akhir Agustus, Anda akan melihat kemunduran yang stabil sejak saat itu, dan kecil kemungkinan Kabul akan jatuh tahun ini,” kata Raab kepada komite anggota parlemen, Rabu (1/9), dikutip Anadolu Agency.

Baca Juga

Kendati demikian, Raab menekankan, hal itu bukan berarti Pemerintah Inggris tak melakukan perencanaan kontingensi atau game out atau menguji proposisi lainnya. “Dan untuk memperjelas, itu adalah sesuatu yang dibagikan secara luas di antara sekutu NATO,” ucapnya. 

Dia menjelaskan, meski niat Taliban untuk merebut kendali atas Afghanistan sudah jelas, Barat keliru menilai kapasitasnya mampu melakukannya secepat itu. Menurut Raab, ada pelajaran yang dapat dipetik dari apa yang telah terjadi.

Baca juga : OJK Terbitkan Aturan Baru Penyelenggara Layanan Urun Dana

Raab mengungkapkan, dia akan melakukan perjalanan ke Timur Tengah, termasuk berkunjung ke Afghanistan, untuk membahas krisis Afghanistan. Kantor Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan, perwakilan khusus Inggris untuk transisi Afghanistan, Simon Gass, telah bertolak ke Doha, Qatar.

Di sana Gass bertemu perwakilan Taliban. Mereka membahas tentang proses evakuasi yang aman bagi warga Inggris yang masih berada di Afghanistan. Inggris pun ingin memboyong warga Afghanistan yang telah bekerja untuknya. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ
Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.

(QS. Al-Baqarah ayat 185)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement