Kamis 02 Sep 2021 11:05 WIB

Afrika Selatan tak Bisa Terima Pengungsi dari Afghanistan

Afrika Selatan sudah menjadi rumah bagi sejumlah besar pengungsi

Rep: Puti Almas/ Red: Nur Aini
Bendera Afrika Selatan.
Foto: EPA
Bendera Afrika Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG — Afrika Selatan mengatakan tidak dapat menerima pengungsi dari Afghanistan. Dalam sebuah pernyataan, pemerintah negara itu menyebut bahwa saat ini tidak dalam posisi menampung orang-orang yang meninggalkan negara tersebut atau yang melakukan perjalanan ke Pakistan.

“Pemerintah Afrika Selatan mencatat tawaran yang dibuat untuk mempertimbangkan menerima sejumlah pengungsi Afghanistan yang mencari perlindungan di Pakistan,” ujar Departemen Hubungan dan Kerjasama Internasional (DIRCO) dalam sebuah pernyataan, dilansir Anadolu Agency, Kamis (2/9).  

Baca Juga

DIRCO mengatakan Afrika Selatan telah diminta untuk mengakomodasi para pengungsi saat melakukan perjalanan. Namun, sayangnya saat ini pemerintah negara itu tidak dalam posisi untuk mengakomodasi permintaan. 

Lebih lanjut, DIRCO mengatakan Afrika Selatan sudah menjadi rumah bagi sejumlah besar pengungsi dan sibuk menangani kebutuhan itu. Lebih lanjut, Afrika Selatan mengatakan bahwa sebagian besar pengungsi yang sudah ditampungnya mendapat manfaat dari program bantuan sosial, termasuk program kesehatan medis gratis.