Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

29 Safar 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Batas Waktu Mulai dan Akhir Baca Surat Al Kahfi pada Jumat

Jumat 03 Sep 2021 15:35 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah

Membaca surat Al Kahfi pada Jumat termasuk sunnah yang dianjurkan  Ilustrasi Surat Al Kahfi

Membaca surat Al Kahfi pada Jumat termasuk sunnah yang dianjurkan Ilustrasi Surat Al Kahfi

Foto: Ist
Membaca surat Al Kahfi pada Jumat termasuk sunnah yang dianjurkan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Banyak orang bertanya-tanya tentang hukum membaca Surat Al Kahfi setelah matahari terbenam pada hari Kamis. 

Hal ini sebagaimana anjuran Nabi Muhammad SAW mengenai membaca Surat Al Kahfi pada Jumat. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: 

Baca Juga

من قرأ سورة الكهف في يوم الجمعة أضاء الله له من النور ما بين قدميه وعنان السماء

“Man qara-a suratal-kahfi lailatal-jumu’ati adhaa-a lahu minannuri fima baina qadamaihi wa anan as-samai’.” 

“Barang siapa yang membaca Surat Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dengan Kabah.”   

Dilansir di El-Balad News, Jumat (3/9), para ahli fikih menyatakan bahwa diperbolehkan bagi umat Muslim untuk membaca surat Al Kahfi setelah matahari terbenam pada hari Kamis, malam Jumat. Sebab membaca Surat Al Kahfi memiliki keutamaannya tersendiri.

Mengenai keutamaan membaca Surat Al-Kahfi di hari Jumat, Rasulullah SAW bersabda: 

مَنْ قَرَأَ الْعَشْر الْأَوَاخِر مِنْ سُورَة الْكَهْف عُصِمَ مِنْ فِتْنَة الدَّجَّال  “Man qara’al-asyra al-awaakhiri min suratil-kahfi ‘usima min fitnataddajal.” 

“Siapa pun yang membaca sepuluh ayat terakhir surat Al Kahfi akan dilindungi dari cobaan fitnah Dajal.” 

Ada beberapa hadits tentang keutamaan membaca Surat Al-Kahfi, di antaranya hadits tentang menghafal sepuluh ayat Surat Al Kahfi dari cobaan Dajjal, dan juga bahwa siapa pun yang membacanya pada hari Jumat maka bacaannya itu akan meneranginya dari cahaya antara dua hari Jumat.

Pada saat membaca Surat Al Kahfi, para ulama menyatakan bahwa itu dibaca pada malam Jumat atau pada siangnya, dan malam Jumat dimulai dari matahari terbenam pada hari Kamis, dan berakhir pada Jumat saat matahari terbenam. Terkait hukum membaca surat Al Kahfi secara khusus, Imam Al Munawi mengatakan, “Disunnahkan membacanya pada Jumat dan malam Jumat, sebagaimana disebutkan Imam Syafii.”

Mantan Mufti Mesir Syekh Ali Jumah mengatakan bahwa dianjurkan bagi seorang Muslim untuk membaca Surat Al Kahfi pada Jumat. Diperbolehkan membaca Surat Al-Kahfi di malam Jumat (Kamis malam) itu sebab ada hadits yang menerangkan keutamannya, dan otentifikasi hadisnya pun jelas.

Pendapat yang sama juga disampaikan Pusat Fatwa Digital Internasional Al Azhar. Disunnahkan membaca Surat Al Kahfi pada Jumat. Secara spesifik waktu membaca surat Al Kahfi adalah terbenamnya matahari pada Kamis hingga terbenamnya matahari Jumat. 

 

Sumber: elbaladnews

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile