Ahad 05 Sep 2021 15:23 WIB

3 Ayat Alquran Obati Rasa Sakit Atas Ucapan Buruk Orang

Alquran memberikan obat atas dampak ucapan negatif seseorang

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran memberikan obat atas dampak ucapan negatif seseorang. Ilustrasi Alquran
Foto: republika
Alquran memberikan obat atas dampak ucapan negatif seseorang. Ilustrasi Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Kita selalu dihadapkan pada situasi sulit dalam hidup kita dan tidak dapat merespons karena marah atau sedih, jadi kita mencari cara untuk menanggapi ucapan yang buruk. 

Kita lupa bahwa Alquran berisi obat untuk setiap penyakit, dan di dalamnya terkandung obat. Ayat-ayat Alquran juga menjadi cara untuk menanggapi ucapan yang buruk dan menghadapi perilaku yang kurang ajar. 

Baca Juga

Dalam Alquran terdapat tiga ayat Alquran, yang melatih umat Islam tentang bagaimana menanggapi ucapan yang buruk, melindungi Muslim dari ucapan yang buruk dan dampak perkataan yang buruk terhadap jiwa. Ketiga ayat tersebut yaitu sebagai berikut:  

Pertama, surat Al Hijr ayat 97-98

وَلَقَدْ نَعْلَمُ أَنَّكَ يَضِيقُ صَدْرُكَ بِمَا يَقُولُونَ.فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَكُنْ مِنَ السَّاجِدِينَ “Dan sungguh, Kami mengetahui bahwa dadamu menjadi sempit disebabkan apa yang mereka ucapkan, maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah engkau di antara orang yang bersujud (sholat).”  

Kedua, surat Qaf ayat 39  

فَاصْبِرْ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ الْغُرُوبِ “Maka bersabarlah engkau (Muhammad) terhadap apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu sebelum matahari terbit dan sebelum terbenam.” 

Ketiga, surat Taha ayat 130 

فَاصْبِرْ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا ۖ وَمِنْ آنَاءِ اللَّيْلِ فَسَبِّحْ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ لَعَلَّكَ تَرْضَىٰ

“Maka sabarlah engkau (Muhammad) atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum matahari terbit, dan sebelum terbenam; dan bertasbihlah (pula) pada waktu tengah malam dan di ujung siang hari, agar engkau merasa tenang.” 

Membalas kata-kata buruk dengan ayat Alquran adalah mustahab atau menanggapi  keburukan dengan kebajikan. Selain itu dengan membacakan ayat Alquran diharapkan mereka yang berkata buruk mendapatkan petunjuk dan bertaubat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement