Senin 06 Sep 2021 21:44 WIB

Rusia Desak Pembebasan Segera Presiden Guinea

Presiden Guinea Alpha Conde ditahan oleh tentara yang dipimpin oleh seorang kolonel.

Red: Teguh Firmansyah
Dalam gambar yang diambil dari video pada hari Minggu, 5 September 2021, Presiden Guinea Alpha Conde duduk di sofa di lokasi yang tidak diketahui.
Foto: UGC via AP
Dalam gambar yang diambil dari video pada hari Minggu, 5 September 2021, Presiden Guinea Alpha Conde duduk di sofa di lokasi yang tidak diketahui.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia pada Senin mendesak pembebasan segera presiden Guinea dan menyerukan kepada kedua pihak untuk menyelesaikan perbedaan melalui dialog. Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Moskow menentang setiap upaya perubahan kekuasaan anti-konstitusional.

Pada Minggu, Presiden Guinea Alpha Conde ditahan oleh tentara yang dipimpin oleh seorang kolonel tentara, yang mengumumkan penahanan tersebut di televisi pemerintah.

Baca Juga

"Kami menuntut pembebasan Alpha Conde dan kekebalannya dijamin. Kami menganggap perlu untuk mengembalikan situasi di Guinea ke jalur konstitusional sesegera mungkin. Kami mendesak semua kekuatan politik Guinea untuk menahan diri dari tindakan yang dapat memicu kekerasan lebih lanjut dan untuk bekerja menuju penyelesaian damai dari situasi saat ini melalui negosiasi," kata pernyataan Rusia.

Sumber, https://www.aa.com.tr/id/dunia/rusia-desak-pembebasan-segera-presiden-guinea/2357061

Pernyataan itu juga mengungkapkan kunjungan Menteri Luar Negeri Guinea Ibrahima Khalil Kaba ke Moskow, yang dijadwalkan pada 7 September, dibatalkan di tengah situasi di negara Afrika Barat itu.

Conde, yang berkuasa selama lebih dari satu dekade, ditahan oleh tentara yang dipimpin oleh Kolonel Mamadi Doumbouya, yang menuduh presiden telah mempersonalisasikan politik dan tidak cukup berbuat untuk memperbaiki kondisi ekonomi dan sosial negara itu.

Langkah itu diprotes oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres yang mengecam keras setiap pengambilalihan pemerintah dengan kekuatan senjata" dan menyerukan "pembebasan segera Presiden Alpha Conde.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement