Pemkab Bantul Berupaya Tingkatkan Usaha Produksi Peternakan

Red: Bilal Ramadhan

Seorang pekerja membersihkan kandang sapi di salah satu peternakan sapi daerah Segoroyoso, Pleret, Bantul, Yogyakarta.
Seorang pekerja membersihkan kandang sapi di salah satu peternakan sapi daerah Segoroyoso, Pleret, Bantul, Yogyakarta. | Foto: Antara/Noveradika

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membantu mesin pencacah rumput kepada kelompok ternak sapi Pandan Mulyo di Desa Poncosari, Srandakan sebagai upaya membantu meningkatkan usaha produksi peternakan kelompok itu.

"Pada hari ini saya membantu mesin 'chopper', mesin yang digunakan untuk mencacah rumput agar waktu proses pemberian pakan bagi hewan ternak bisa dilakukan lebih cepat," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih disela meninjau dan membantu kelompok ternak Pandan Mulyo Bantul.

Bupati Bantul berharap dengan adanya mesin pencacah rumput tersebut produktifitas kelompok ternak sapi bisa semakin baik dan dapat menekan biaya yang dikeluarkan maupun waktu yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha ternak.

Apalagi, Kelompok Ternak Pandan Mulyo Desa Poncosari yang berdiri sejak 1994 itu saat ini sudah tersedia 120 kandang yang dikelola 160 orang anggota kelompok, dan populasi sapi di kandang kelompok kurang lebih 295 ekor.

Jumlah sapi kelompok tersebut juga sewaktu-waktu dapat berubah karena ada beberapa sapi induk yang melahirkan ataupun sapi yang dijual apabila sudah tidak produktif.

Bupati juga mengatakan, produksi ternak merupakan sebuah aktivitas ekonomi, karena itu aktivitas ekonomi tersebut harus berjalan dengan efektif dan efisien, agar para peternak bisa memperoleh pendapatan yang lebih baik.

"Ternak merupakan salah satu dari sektor pertanian, sementara sektor pertanian adalah sektor unggulan di Bantul. Maka, pemerintah kabupaten memiliki rencana ke depan bahwa sektor pertanian yang ada di Bantul akan lebih dikembangkan lagi," katanya.

Oleh sebab itu, kata Bupati, kelompok ternak Pandan Mulyo yang sudah berdiri sejak lama dan termasuk kelompok ternak besar di Bantul diharapkan nantinya lebih bisa menjamin kesejahteraan para peternak anggota kelompok.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Bupati Bantul Ajak Warga Belanja di Warung Tetangga

Bupati: Kehadiran Menparekraf Beri Jalan Bagi Ekonomi Kreati

Kontak dengan Pasien Corona, Bupati Bantul Isolasi Diri

Bupati Bantul tak Larang ASN Mudik Pakai Mobil Dinas

Pemkab Bantul Bagikan 17 Truk Sampah

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark