Rabu 08 Sep 2021 15:51 WIB

Momen Penting Antara Iron Man dan Spider-Man di Avengers

Banyak hal hebat yang diberikan Tony Stark kepada Peter Parker.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Momen penting antara Iron Man dan Spider-Man di film Avengers.
Foto: Marvel/Disney
Momen penting antara Iron Man dan Spider-Man di film Avengers.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Dalam jagat sinematik Marvel (MCU), hubungan antara Spider-Man yang diperankan oleh Tom Holland dan Iron Man yang diperankan Robert Downey Jr sangat erat. Meski keduanya tak terikat darah, namun hubungan mereka layaknya ayah dan anak.

Spider-Man hadir pertama kali di film Captain America: Civil War. Peter Parker saat itu diajak oleh Tony untuk menghentikan peperangan di antara Iron Man dan Captain Amerika. Meski awalnya enggan, Tony pada akhirnya menerima tanggung jawab untuk menjadi “mentor” dan mendidik Peter untuk menjadi sosok pahlawan. 

Momentum tewasnya Tony di film Avengers: Endgame membuat Peter merasa sangat kehilangan. Rasa duka itu pun dibawa ke film Spider-Man lanjutannya, yakni Spider-Man: Far From Home yang menunjukkan bahwa hubungan antarpahlawan itu tak hanya sekadar koneksi profesional, melainkan jauh lebih pribadi. 

Meskipun Tony mungkin bukan mentor yang ideal, ada banyak pengetahuan hebat yang diberikan kepada Peter. Salah satu yang paling penting ada dalam Spider-Man: Homecoming.

Setelah upaya Peter untuk menangkap Vulture (Michael Keaton) menyebabkan insiden di kapal Staten Ferry, Tony mengambil kembali kostum Spider-Man yang ditingkatkan yang dia berikan kepada pahlawan muda itu. 

“Jika Anda bukan apa-apa tanpa setelan itu, maka Anda seharusnya tidak memilikinya,” kata Tony, yang membuat Peter pun terkejut. 

Selanjutnya, Iron Man berkomentar tentang betapa dia terdengar seperti ayahnya, tetapi pelajaran khusus ini bukan dari Howard Stark (John Slattery), itu dari pengalamannya sendiri di Iron Man 3.

Setelah pengalaman mendekati kematiannya di The Avengers, Tony dihantui oleh pemikiran invasi alien lainnya. Tentu saja, pada saat itu, dia masih tidak menyadari bahwa Thanos (Josh Brolin) berada di balik bayang-bayang, menunggu waktu yang tepat untuk bergerak dan mengumpulkan semua Infinity Stones.

Tapi, ancaman yang tidak disebutkan namanya membuatnya paranoid di Iron Man 3, memotivasi dia untuk membuat pasukan dengan kostum Iron Man yang diharapkan akan membuatnya lebih siap untuk apa yang akan datang. Jadi, ketika dia kehilangan pelindung armornya sendiri setelah menabrak Tennessee, dia harus menemukan cara untuk bergerak dan membajak sarang The Mandarin (Ben Kingsley) tanpa itu.

Menariknya, justru sosok anak kecil bernama Harley Keener (Ty Simpkins) yang  mengingatkan bahwa dia adalah seorang mekanik. Teman kecilnya itu memberikan dukungan emosional dan memberinya ide untuk berimprovisasi.

Pada akhirnya, Tony ingin Peter mengetahui bahwa pria yang mengenakan kostum Iron Man itulah yang mendefinisikan pahlawan, sesuatu yang dia sadari sendiri di Iron Man 3. Pada titik ini, Peter merasa terlalu bersemangat untuk membuktikan dirinya benar bahwa dia keluar cara untuk memburu Vulture sendiri.

Iron Man tidak sempurna di sini, namun, dia bisa saja duduk dengan Peter dan menjelaskan kepadanya bahwa dia melakukan sesuatu tentang hal itu, daripada menyimpan rencananya untuk dirinya sendiri. Bagaimanapun, kedua pahlawan belajar pelajaran selama peristiwa Homecoming yang hanya membuat hubungan mereka lebih kuat bergerak maju.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement