Kamis 09 Sep 2021 16:20 WIB

Mahasiswa UBSI Ciptakan Aplikasi Permudah Perjalanan Dinas

Aplikasi booking kegiatan perjalanan dinas diciptakan mahasiswa UBSI Kampus Bogor

Program Studi (prodi) Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor melangsungkan serah terima aplikasi dengan pihak Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi Bogor, berlangsung secara daring, Rabu (8/9). Di tengah situasi penerapan PPKM, kegiatan ini hanya dihadiri oleh pembimbing instansi, Husna Alfiani dan Yulius Argo Baroto. Sedangkan dari tim pembuat aplikasi, terdiri dari Aulia Fevriani, Rizka Febriani Putri dan Nurul Sharimah.
Foto: UBSI
Program Studi (prodi) Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor melangsungkan serah terima aplikasi dengan pihak Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi Bogor, berlangsung secara daring, Rabu (8/9). Di tengah situasi penerapan PPKM, kegiatan ini hanya dihadiri oleh pembimbing instansi, Husna Alfiani dan Yulius Argo Baroto. Sedangkan dari tim pembuat aplikasi, terdiri dari Aulia Fevriani, Rizka Febriani Putri dan Nurul Sharimah.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Program Studi (prodi) Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor melangsungkan serah terima aplikasi dengan pihak Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi Bogor, berlangsung secara daring, Rabu (8/9). Di tengah situasi penerapan PPKM, kegiatan ini hanya dihadiri oleh pembimbing instansi, Husna Alfiani dan Yulius Argo Baroto. Sedangkan dari tim pembuat aplikasi, terdiri dari Aulia Fevriani, Rizka Febriani Putri dan Nurul Sharimah.

Aplikasi yang dihibahkan ini, diberi nama ‘Sistem Aplikasi Booking Kegiatan Perjalanan Dinas Pegawai berbasis Web’. Hibah ini dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban mahasiswa Universitas BSI dalam penyusunan Tugas Akhir yang diimplementasikan kepada masyarakat.

Dari pihak instansi, Yulius mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak kampus, karena telah membantu untuk melakukan pengajuan booking kegiatan perjalanan dinas pegawai berbasis web.“Dengan adanya aplikasi ini, sangat memudahkan admin atau PUMK di kantor Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi,” tutur Yulius, Rabu (8/9).

Selain itu, dengan aplikasi ini, admin dan PUMK akan semakin mudah untuk melakukan booking kegiatan perjalanan dinas pegawai.“Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk admin dan PUMK, sebab lebih mudah untuk mengaksesnya. Sehingga tidak perlu menulis secara manual dalam buku daftar perjalanan dan meminimalisir terjadinya kehilangan data,” pungkasnya.

Ia mengatakan, penggunaan teknologi melalui sistem informasi ini, sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang mengajak masyarakat untuk turut serta dalam transformasi digital. 

Sementara itu, Aulia, salah satu mahasiswa pembuat aplikasi, mengatakan bahwa, aplikasi kantor tersebut dapat membantu PUMK untuk melakukan pengajuan perjalanan, dan menghindari penginputan ganda. Karena pada saat melakukan pengajuan perjalanan, akan muncul peringatan bahwa pegawai tersebut telah melakukan perjalanan.

“Dengan adanya aplikasi ini, juga bisa mempermudah pegawai untuk mendapatkan surat jalan secara otomatis. Setelah melakukan booking kegiatan, maka surat jalan akan otomatis, keluar sesuai dengan data kegiatan dan pegawai yang akan melakukan perjalanan,” tuturnya.

Dewi Ayu Nur Wulandari selaku dosen pembimbing, mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi Bogor yang telah menerima dan membimbing mahasiswanya.

“Terima kasih banyak untuk pihak instansi yang telah menerima mahasiswa kami. Sehingga dapat menyelesaikan aplikasi ini dengan baik dan sesuai kebutuhan di bagian arsiparis Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi Bogor,” ucap Dewi, Rabu (8/9).

Ia berharap, semoga hubungan baik ini dapat berlanjut dan mahasiswa Universitas BSI dapat membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat melalui pembuatan aplikasi lainnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement