Monday, 2 Jumadil Awwal 1443 / 06 December 2021

Monday, 2 Jumadil Awwal 1443 / 06 December 2021

10 Alat Musik Tiup Populer yang Bisa Dipelajari oleh Pemula

Sabtu 11 Sep 2021 08:21 WIB

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id

Alunan Saksofon Dave Koz di Java Jazz Festival 2014

Alunan Saksofon Dave Koz di Java Jazz Festival 2014

Sepuluh alat musik tiup populer yang bisa dipelajari oleh pemula.

VIVA – Alat musik tiup merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara. Musik memang tidak akan pernah bisa dilesapkan dari kehidupan sehari-hari, bahkan tidak orang yang melakukan aktivitas dengan memainkan satu sampai beberapa alat musik sekaligus.

Selain itu, untuk getaran udara yang dihasilkan oleh alat musik tiup dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, dengan getaran udara yang terjadi dalam instrumen musik seperti klarinet, seruling, atau terompet. Kedua, alat musik tiup yang bisa menghasilkan udara bergetar tapi tidak terkandung dalam instrumen itu sendiri, layaknya akordeon atau harmonika.

Pada abad ke-17 dan ke-18 saat kemunculan orkestra, alat musik dibedakan atas bahan pembuatannya, yaitu alat musik tiup dari kayu dan alat musik tiup dari kuningan. Nah, untuk kamu yang semakin penasaran mengenai alat musik tiup? Simak ulasan berikut ini yang dilansir dari orsymphony.org.

Lalu, Apa Saja Alat Musik Tiup?

Seruling

 

Alat musik tiup selanjutnya adalah seruling atau suling. Alat musik ini cukup mudah dimainkan walaupun untuk pemula. Alat musik tradisional ini terbuat dari bahan dasar bambu. Secara sepintas, alat musik ini mirip dengan recorder yang biasanya dipelajari di sekolah.

Alat musik tiup ini memiliki enam lubang sampai tujuh lubang. Menariknya, umur dan kekerasan bambu akan sangat memengaruhi kualitas suara yan dihasilkan. Oleh sebab itu, bila kamu ingin membeli alat musik ini, jangan ragu untuk menanyakan umur dan kekerasan bentuk bambunya.

Saxophone

 

Alat musik tiup ini cukup populer dalam acara-acara resmi. Nama saxophone atau saksofon berasal dari nama penemu alat musik ini, yaitu Adolphe Sax. Alat musik yang terbuat dari logam ini dapat menghasilkan suara yang keras nan merdu.

Dengan bentuk yang besar, alat musik tiup ini mempunyai jangkauan suara yang lebih besar pula. Pada awalnya, saksofon lebih umum digunakan pada orkestra. Namun, sekarang ini telah banyak yang memainkan saksofon untuk mengiringi lagu modern atau pun bermain solo.

Harmonika

 

Untuk kamu yang baru mulai mempelajari alat musik tiup, tentunya harus mencari alat musik yang mudah dimainkan. Untuk itu, kamu dapat mencoba bermain harmonika. Harmonika merupakan salah satu jenis alat musik dari barat yang telah ditemukan sejak abad ke-18.

Instrumen alat musik ini terbilang sederhana karena memiliki bentuk pelat logam getar yang disusun secara horizontal. Alat musik ini juga bisa dibawa ke mana-mana untuk memudahkan kamu dalam berlatih. Jika sudah mahir, efek suara yang dihasilkan akan bisa menenangkan hati, lho!

Terompet

 

Alat musik yang berasal dari barat dan cukup populer ini dinamakan sebagai terompet. Suara yang dihasilkan dari alat musik ini sangatlah keras bila dibandingkan dengan alat musik lainnya. alat musik tiup ini terbilang sederhana dan mudah dipelajari karena hanya memiliki tidak buah tombol.

Bila ingin menentukan nada, kamu hanya perlu mengatur udara yang lewat. Yang harus dipelajari dan dipahami dari alat musik ini adalah konsistensi peniupan. Jadi, bila kamu berminat untuk menjadi pemain alat musik ini, kamu harus berlatih napas panjang.

Klarinet

 

Klarinet memang memiliki bentuk yang mirip dengan oboe. Namun, memiliki perbedaan pada corong dan hanya memakai satu buluh. Klarinet sebagai alat musik tiup yang cukup populer ini hadir dalam beberapa ukuran yang berbeda, dan untuk klarinet B-flat hanya berukuran sekitar 60 cm.

Dua hingga empat klarinet dalam sebuah orkestra akan memainkan melodi dan harmoni. Mereka juga memiliki suara mirip dan gelap pada nada bawahnya. Sedangkan untuk bagian atasnya, cerah dan bergema.

Basson atau Pagot

 

Alat musik tiup selanjutnya dinamakan sebagai bassoon atau fagot dan terbuat dari kayu. Alat musik ini terbagi atas pipa panjang dengan bentuk ‘U’ dan logam yang berbentuk ‘S’ dengan lidah ganda. Alat musik bassoon ini memiliki corong kerucut dan panjang sekitar 2.5 m.

Alat musik ini dipakai untuk menghasilkan nada rendah. Bassoon juga tidak bisa beroperasi lebih dari satu oktaf tanpa mengorbankan kualitas suaranya.

English Horn

 

Terlepas dari bahasa alat musik ini, namun sebenarnya alat musik english horn lebih berat dari oboe dan juga menyimpan pembuluh ganda. Pada ujung bagian bawah terdapat bagian yang terbuka sebagai bentuk lonceng bundar yang akan memberikan suara lebih hangat dan penuh.

Pada bagian bawah memiliki ukuran lebih panjang dan lebar serta terdapat lubang terbuka yang memberinya suara lebih hangat. Karena memiliki ukuran besar, alat musik English horn juga memiliki tangga nada yang rendah daripada alat musik oboe. Selain itu, oboe juga akan menambah English horn bila diperlukan.

Oboe

 

Oboe merupakan alat musik berwarna hitam yang panjangnya mencapai 60 cm dengan kunci logam untuk menutupinya. Corong alat musik itu ini memakai buluh ganda yang bergetar saat ditiup. Getaran inilah yang membuat suaranya bergerak dan menciptakan suara.

Dalam sebuah orkestra biasanya hanya terdapat 2 sampai 4 oboe yang bisa menghasilkan berbagai nada. Mulai dari suara tinggi, hangat, dan lembut yang menyebabkan suara alat musik tiup ini sangat berkesan.

Trombon

 

Suara yng dihasilkan oleh alat musik tiup berbahan logam ini sangat menggetarkan bibir. Kata trombone berasal dari bahasa Italia yaitu tromba (terompet) dan one (akhiran yang besar). Sehingga secara bahasa alat musik ini dinamakan sebagai alat musik besar.

Hal ini karena secara ukuran, alat musik ini memiliki ukuran yang lebih besar dari terompet. Para pemain alat musik ini dinamakan sebagai trombonis.

Piccolo

 

Dalam bahasa Italia, piccolo adalah seruling dengan versi yang lebih pendek dan juga berbahan dasar logam. Alat musik tiup ini memiliki ukuran setengah lebih pendek dari suling standar. Piccolo juga memainkan nada tertinggi dari seluruh alat musik tiup kayu.

Pada sebuah orkestra, salah satu pemain akan memainkan piccolo bila instrumen ini diperlukan. Suara pipa tinggi dari piccolo akan terdengar pada korps drum tradisional dan marching band.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile