Senin 13 Sep 2021 06:55 WIB

Berapa Jumlah Asmaul Husna dalam Alquran dan Sunnah?

Asmaul husna mempunyai sejumlah keutamaan dan manfaat

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Asmaul husna mempunyai sejumlah keutamaan dan manfaat. Ilustrasi Lafadz Allah
Foto: Foto : MgRol112
Asmaul husna mempunyai sejumlah keutamaan dan manfaat. Ilustrasi Lafadz Allah

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO— Mantan Mufti Mesir dan anggota Dewan Ulama Senior Al-Azhar, Syekh Ali Jumah menyebut nama-nama Allah SWT yang baik atau asma’ul husna tidak hanya terbatas 99 saja. 

Dia menyebut ada ratusan nama yang dimiliki Allah SWT dibandingkan 99 yang dikenal. 

Baca Juga

Dilansir dari Elbalad, Ahad (5/9), Ali Jumah mengatakan ada 153 nama Allah SWT yang disebutkan dalam Alquran. Jumlahnya bahkan bisa bertambah jika melihat nama-nama Allah SWT yang disebutkan dari hadist-hadist Nabi, yakni 164 nama. 

“Jika diperingkas keseluruhannya, dengan membuang nama yang sama dalam Alquran dan hadits itu, totalnya ada 220 nama. Nama-nama itu yang diimani orang mukmin, di antaranya adalah tentang keindahan, keagungan, dan kesempurnaan,”katanya.

Dalam aspek keindahan, seperti Ar Rahman, Ar Rahim, Al Afwu, Al Ghafur, dan Ar Rauf. Adapun tentang keagungannya ada Al Muntaqim, al Jabbar, Al Adhim, Syadidul Mahal. 

Sementara terkait kesempurnaan, ada Al Awal, Al Akhir, Al Batin, Ad Dzahiru, Al Batinu, Ad Dharu, An Nafi’, Al Muiz, Al Muzil, As Sami’, dan Al Basir,”tambahnya.

Dia menambahkan, bahwa sistem ini akan membawa kepada konsep, "penolakan, perhiasan, dan manifestasi. Orang-orang membersihkan hati dari keburukan, kemudian menghiasinya dengan yang benar, kemudian manifestasi terjadi. 

“Tuhan memanifestasikan cahaya-Nya dan rahasia di hatimu, maka kamu keluar dari lingkaran kebingungan menuju lingkaran kepuasan. Hanya dengan mengingat Allah, maka hati akan tenang (QS Ar Radu 28),” jelasnya. 

Tingkatan tajalli atau manivestasi ketuhanan disebut sebagai level di mana orang-orang meyakini dengan benar bahwa Allah SWT berada di balik semuanya. 

 

Sumber: elbalad

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement