Senin 13 Sep 2021 19:49 WIB

Perusahaan China akan Kembangkan Tembaga Afghanistan

Jiangxi dan MCC telah menyewa 30 tahun untuk tambang di Afghanistan pada 2008.

Red: Teguh Firmansyah
Kandungan mineral bisa membuat wilayah Afghanistan salah satu pusat pertambangan paling penting di dunia.
Foto: AP
Kandungan mineral bisa membuat wilayah Afghanistan salah satu pusat pertambangan paling penting di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING  -- Jiangxi Copper Co Ltd China mengatakan pada Senin bahwa pihak perusahaan dan Metallurgical Corp of China (MCC) sedang memantau situasi di Afghanistan.  Mereka akan maju bekerja sama dengan tambang tembaga Mes Aynak jika memungkinkan.

Jiangxi dan MCC menyewa 30 tahun untuk tambang itu pada 2008 yang diperkirakan memiliki cadangan 11,08 juta ton tembaga. Jiangxi Copper memegang 25 persen saham dalam proyek tersebut."Karena situasi yang tidak stabil di Afghanistan, tambang tembaga Mes Aynak yang diinvestasikan oleh perusahaan belum mengalami konstruksi substansial," kataZheng Gaoqing, pemimpin Jiangxi Copper, dalam pengarahan daring.

Baca Juga

"Perusahaan itu akan memantau situasi dan mendorong pembangunan proyek jika memungkinkan," katanya.

Taliban menguasai Afghanistan bulan lalu, menggulingkan pemerintah dukungan AS ketika pasukan internasional mundur dari negara itu setelah misi 20 tahun.Mes Aynak, sekitar 40 km tenggara ibu kota, Kabul, juga merupakan situs reruntuhan Buddha kuno dan para pegiat menyerukan pelestariannya.

Sementara itu, Jiangxi, menurut Zheng juga memprioritaskan perolehan sumber daya sebagai strategi utamanya dan akan mencari tambang secara global untuk peluang investasi."Kenaikan harga tembaga telah membawa manfaat langsung bagi bijih perusahaan itu sendiri," kata Zheng, seraya menambahkan bahwa dia memperkirakan harga tembaga akan tetap pada level tinggi mengingat prospek optimistis untuk tenaga surya dan konsumsi energi baru.

Harga tembaga di Shanghai Futures Exchange China telah melonjak lebih dari 21 persen tahun ini, ditopang oleh pulihnya permintaan dan stimulus ekonomi global.Jiangxi Copper pada Agustus melaporkan laba bersih kuartalan terbesarnya dalam 10 tahun untuk periode April-Juni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement