Pemkot Yogya Temukan 131 Ribu Warga Belum Divaksin

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkot Yogya Temukan 131 Ribu Warga Belum Divaksin (ilustrasi).
Pemkot Yogya Temukan 131 Ribu Warga Belum Divaksin (ilustrasi). | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Penyisiran warga yang belum mendapatkan vaksin Covid-19 melalui RT/RW di Kota Yogyakarta sudah dilakukan. Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, ditemukan 131 ribu warga dengan KTP Kota Yogyakarta yang belum divaksin.

Dari jumlah tersebut, sekitar 20 persen tidak berdomisili di Kota Yogyakarta. Artinya, masih ada 26.200 ribu warga ber-KTP Kota Yogyakarta yang belum tervaksin.

"Dari hasil penyaringan data, ada yang tidak tinggal di Kota (Yogya), (ada juga yang) baru terpapar Covid-19 sehingga belum bisa vaksin, ada juga yang belum memenuhi syarat karena memiliki penyakit seperti darah tinggi," kata Heroe yang juga Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Yogyakarta tersebut, Senin (13/9).

Secara keseluruhan, Heroe menjelaskan, pihaknya sudah menyuntikkan vaksin setidaknya kepada hampir 500 ribu orang di Kota Yogyakarta. Namun, dari 500 ribu orang ini tidak seluruhnya ber-KTP Kota Yogyakarta.

Penduduk yang ber-KTP Kota Yogyakarta, katanya, baru tervaksin sekitar 40 persen dari 500 ribu orang tersebut. Sedangkan, penduduk dengan nomor induk kependudukan (NIK) Kota Yogyakarta yang telah divaksin mencapai 63 persen dari total warga yang wajib vaksin.

"Fokus kami mereka yang memiliki NIK di Kota Yogya untuk divaksinasi," ujar Heroe.

Pihaknya pun menargetkan akhir September 2021 ini seluruh warga Kota Yogyakarta yang wajib vaksin sudah mendapatkan suntikan vaksin. Sehingga, percepatan vaksinasi pun terus dilakukan.

Bahkan, pihaknya akan menyebar tim vaksinator yang ada di sentra-sentra vaksinasi ke tingkat kecamatan hingga kelurahan. Tim vaksinator ini disebar guna memastikan semua warga yang wajib vaksin dan ber-KTP Kota Yogyakarta mendapatkan vaksin.

Sehingga, vaksinator yang ada di sentra-sentra vaksinasi dikurangi. Di Kota Yogyakarta sendiri saat ini ada tiga sentra vaksinasi yang dilayani Pemkot Yogyakarta yakni XT Square, PDAM Tirtamarta dan SMAN 7 Yogyakarta.

 

Terkait


Luhut Sebut Cakupan Vaksinasi Jadi KPI Gubernur dan Bupati

Tim Vaksinasi di Yogyakarta Disebar Hingga ke Kelurahan

Ribuan Warga Cirebon Antusias Ikuti Vaksinasi Massal

Bertemu Jokowi, Joko Widodo: Sampai Enggak Bisa Tidur

Luhut Sebut Kasus Aktif Covid-19 Turun Hingga 93,9 Persen

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark