Selasa 14 Sep 2021 09:12 WIB

UBSI Pontianak Jamin tak Ada Perploncoan di Kampus

Universitas BSI Pontianak menyambut mahasiswa baru dengan kegiatan ORMIK dan SEMOT

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak pun turut serta mengadakan kegiatan PKKMB, dengan cara yang sangat menyenangkan. Mengusung tema Beyond Inspiration, acara ini membuat mahasiswa semakin bersemangat untuk memulai perkuliahan perdana.
Foto: UBSI
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak pun turut serta mengadakan kegiatan PKKMB, dengan cara yang sangat menyenangkan. Mengusung tema Beyond Inspiration, acara ini membuat mahasiswa semakin bersemangat untuk memulai perkuliahan perdana.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan wahana bagi pemimpin perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru (maba) dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri. Selain itu, kegiatan ini mempercepat proses adaptasi maba dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi. 

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak pun turut serta mengadakan kegiatan PKKMB, dengan cara yang sangat menyenangkan. Mengusung tema ‘Beyond Inspiration’, acara ini membuat mahasiswa semakin bersemangat untuk memulai perkuliahan perdana. 

Eri Bayu Pratama selaku Kepala Kampus Universitas BSI kampus Pontianak menjelaskan bahwa, rangkaian acara PKKMB ini diawali dengan Orientasi Akademik (ORMIK) dan dilanjutkan dengan kegiatan Seminar Motivasi (SEMOT). 

“Kegiatan ORMIK merupakan pengenalan kampus bagi mahasiswa yang berisi informasi mengenai kampus, sistem pembelajaran, pelayanan akademik hingga non akademik. Walaupun digelar secara daring, kegiatan ini diadakan dengan mengusung konsep yang menyenangkan tanpa ada perploncoan yang sering dilakukan oleh kampus lain,” ujar Eri dalam rilis yang diterima, Senin (13/9). 

Eri menjamin bahwa kampus Universitas BSI kampus Pontianak tidak ada perpeloncoan yang sering dilakukan oleh kampus lain dalam menyambut mahasiswa barunya. Kampus Universitas BSI kampus Pontianak selalu menyambut maba melalui kegiatan ORMIK dan SEMOT yang dikemas agar menginspirasi mereka untuk menjadi generasi yang mandiri dan sukses serta menyelesaikan kuliah tepat waktu. 

“Kegiatan SEMOT sendiri menghadirkan pembicara yang selalu menginspirasi mahasiswa baru agar semangat dalam menjalani perkuliahan dan menjadi generasi muda sukses serta mandiri. Tidak hanya itu, PKKMB juga akan dilanjutkan dengan Seminar TEMATIK yang akan diselenggarakan mulai dari tanggal 14 – 17 September 2021,” imbuhnya. 

Seminar TEMATIK sendiri bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa agar lebih siap dan matang dalam menjalani perkuliahan. Sementara pemateri TEMATIK sendiri merupakan dosen-dosen professional yang memang fokus dibidangnya, seperti pengembangan karier, kemahasiswaaan, Incubator Center, LSP UBSI, BSI News, Lembaga Bahasa, Tim Beasiswa, Hingga Ikatan Alumni. 

“PKKMB Universitas BSI sangat menginspirasi, tidak ada perpeloncoan disini, yang ada adalah kami menumbuhkan rasa kekeluargaan dan hal-hal menyenangkan di kalangan mahasiswa baru. PKKMB sendiri merupakan ajang mahasiswa untuk lebih mengenal dan mencintai kampusnya, dan dengan adanya PKKMB seperti ini, mahasiswa dapat lebih semangat dan lebih fokus dalam menghadapi perkuliahan kedepannya,” tutur Eri.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنْ كُنْتُمْ فِيْ رَيْبٍ مِّنَ الْبَعْثِ فَاِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُّطْفَةٍ ثُمَّ مِنْ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنْ مُّضْغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيْرِ مُخَلَّقَةٍ لِّنُبَيِّنَ لَكُمْۗ وَنُقِرُّ فِى الْاَرْحَامِ مَا نَشَاۤءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخْرِجُكُمْ طِفْلًا ثُمَّ لِتَبْلُغُوْٓا اَشُدَّكُمْۚ وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّتَوَفّٰى وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرْذَلِ الْعُمُرِ لِكَيْلَا يَعْلَمَ مِنْۢ بَعْدِ عِلْمٍ شَيْـًٔاۗ وَتَرَى الْاَرْضَ هَامِدَةً فَاِذَآ اَنْزَلْنَا عَلَيْهَا الْمَاۤءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْ وَاَنْۢبَتَتْ مِنْ كُلِّ زَوْجٍۢ بَهِيْجٍ
Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan (tetumbuhan) yang indah.

(QS. Al-Hajj ayat 5)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement