Pemkab Purbalingga Lima Kali Raih Opini WTP

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkab Purbalingga Lima Kali Raih Opini WTP (ilustrasi)
Pemkab Purbalingga Lima Kali Raih Opini WTP (ilustrasi) | Foto: telisiknews

REPUBLIKA.CO.ID,PURBALINGGA -- Pemerintah Kabupaten Purbalingga kembali mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas kinerja Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun 2020. Dengan demikian, Pemkab Purbalingga telah meraih predikat untuk lima kali berturut-turut.

Penghargaan diserahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam puncak kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Selasa (14/9).

Wakil Bupati Purbalingga H Sudono, usai mengikuti rakernas secara zoom meeting mengharapkan agar perolehan predikat ini dapat terus dipertahankan di masa-masa yang akan datang. ''Penghargaan lima kali berturut-turut meraih predikat WTP ini merupakan bukti bahwa pengelolaan anggaran Pemkab Purbalingga sudah dilaksanakan secara transparan dan akuntabel,'' jelasnya.   

Dia menyebutkan, selain Kabupaten Purbalingga ada cukup banyak penghargaan serupa diberikan pada kabupaten lain di Jawa Tengah. ''Seluruhnya ada 25 kabupaten/kota di Jateng yang mendapatkan penghargaan serupa,'' jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Menkeu Sri Mulyani menyebutkan tahun 2020 merupakan tahun yang luar biasa, karena dunia menghadapi krisis kemanusiaan dan kesehatan luar biasa. ''Meski demikian, di Indonesia ada sebanyak 486 dari 542 pemerintahan daerah atau 89,7 pesren yang mendapatkan Opini WTP. Terdiri dari 33 pemerintah provinsi, 88 pemerintah kota dan 365 pemerintah kabupaten,'' jelasnya.

Disebutkan juga, tujuan Rakernas Akuntansi yang sudah digelar sejak 16 Agustus 2021 sampai hari ini 14 September 2021 ini, merupakan upaya berkesinambungan untuk menyatukan komitmen, membangun sinergi antar stakeholder untuk meningkatkan tata kelola, akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan negara, baik lingkup pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. 

Selain itu, kegiatan tersebut juga digelar untuk memberikan apresiasi atas raihan Opini WTP kepada kementrian negara, lembaga dan pemerintah daerah. ''Puncak rakernas hari ini ada tiga agenda. Antara lai, penyerahan penghargaan kepada kementrian lembaga dan pemerintah daerah yang telah berhasil meraih Opini WTP sebanyak 15 kali, 10 kali, 5 kali dan WTP atas laporan keuangan 2020,'' jelasnya. 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id

Terkait


BPK Periksa Pengelolaan Vaksinasi Covid-19 Pemprov Sulut

Komisi XI Uji Kelayakan Calon Anggota BPK

Komisi XI Cecar Harry Soeratin Soal Syarat Calon Anggota BPK

Fit and Proper Test Calon Anggota BPK Dilanjut Besok

Dewan Bantah Ada Praktik Transaksional Uji Calon BPK

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark