Selasa 14 Sep 2021 19:04 WIB

Dokter Amerika Sarankan Ini untuk Akhiri Pandemi

Sekitar 75 juta orang di AS yang telah memenuhi syarat, belum divaksinasi

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Cara untuk mengakhiri pandemi Covid-19 (ilustrasi).
Foto: Antara/Umarul Faruq
Cara untuk mengakhiri pandemi Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 masih berkecamuk. Bagaimana cara agar Anda bisa tetap aman? 

Kepala penasihat medis untuk Presiden dan direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, dr Anthony Fauci, memohon orang-orang agar divaksinasi. Dia mengungkapkan beberapa informasi penting yang dapat menyelamatkan hidup Anda dari Covid-19. 

Simak lima poin penting dari dr Fauci seperti dilansir di laman Eat This Not That, Selasa (14/9):

1. Mandat

Dr Fauci berpikir, mandat itu diperlukan. “Kami telah mencoba segala yang kami bisa untuk membuat orang secara sukarela mendapatkan vaksinasi. Kami telah membuatnya semudah mungkin,” ujarnya.

Menurut dia, vaksin itu tersedia, nyaman, aman, berfungsi, dan gratis, namun masih ada sekitar 75 juta orang di Amerika Serikat (AS) yang memenuhi syarat untuk divaksinasi, tetapi belum divaksinasi. Jadi sudah sampai pada titik di mana kami sudah mencoba segalanya tanpa mandat.

"Kami harus membuat orang-orang itu divaksinasi. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membuatnya, sebenarnya jika mereka ingin terus berfungsi secara normal di masyarakat dan pekerjaan mereka dan apa yang Anda, mereka harus divaksinasi," jelasnya. 

Dr Fauci mengatakan vaksinasi membuat Anda, keluarga, dan masyarakat aman.

2. Herd immunity masih mungkin

“Jika kami mendapatkan proporsi populasi yang luar biasa yang divaksinasi, kami akan sampai di sana,” kata dia.

Jika Anda melakukannya dalam enam bulan ke depan, itu akan terjadi dalam enam bulan ke depan. Jika melakukannya dalam dua bulan ke depan, itu akan terjadi dalam dua bulan ke depan.

3. Mendukung mandat vaksin

"Saya akan mendukung jika Anda ingin naik pesawat dan bepergian dengan orang lain, maka Anda harus divaksinasi," ujarnya.

Agar tetap man diluar sana, ikuti saran-saran Fauci dan bantu akhiri pandemi ini. 

Pertama, di mana pun Anda tinggal, dapatkan vaksinasi secepatnya. Jiika Anda tinggal di daerah dengan tingkat vaksinasi rendah, kenakan masker wajah N95, jangan bepergian, jarak sosial, hindari kerumunan besar, jangan pergi ke dalam rumah dengan orang yang tidak Anda tempati. Selain itu, jagalah kebersihan tangan untuk melindungi hidup Anda dan orang lain.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement