Monday, 2 Jumadil Awwal 1443 / 06 December 2021

Monday, 2 Jumadil Awwal 1443 / 06 December 2021

Suka Cabai Hijau? Ketahui Manfaatnya untuk Kesehatan

Rabu 15 Sep 2021 10:25 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Cabai hijau memiliki manfaat bagi kesehatan.

Cabai hijau memiliki manfaat bagi kesehatan.

Foto: Republika/Yasin Habibi
Cabai hijau memiliki kemampuan untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi pecinta pedas, tak lengkap rasanya bersantap tanpa cabai. Salah satu cabai yang cukup populer adalah cabai hijau. Selain menggugah selera, cabai hijau ternyata dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah diabetes.

Cabai hijau dikenal sebagai sumber antioksidan bernama capsaicin yang baik. Cabai hijau juga kaya akan zat besi, vitamin C, vitamin A, kalium, dan serat.

Menurut ahli, cabai hijau memiliki kemampuan untuk meningkatkan metabolisme tubuh hingga 50 persen. Ketika dikonsumsi, cabai hijau akan menaikkan suhu tubuh, meningkatkan laju metabolisme, dan memperbaiki sirkulasi darah. Efek-efek tersebut turut membantu proses penurunan berat badan.

Stdu juga telah menunjukkan bahwa makanan pedas dapat menekan nafsu makan dan memberikan perasaan kenyang lebih lama. Tak hanya itu, cabai hijau juga rendah kalori. Ketiga hal ini dapat membantu menurunkan asupan kalori ketika menurunkan berat badan.

Bagian cabai yang paling membantu penurunan berat badan adalah area membran berwarna putih yang menjadi tempat berkumpulnya biji-biji cabai. Bagian ini juga memiliki kandungan capsaicin tertinggi.

Selain membantu penurunan berat badan, cabai hijau dinilai dapat mencegah diabetes. Seperti diketahui, sindrom metabolik dan kadar gula darah yang terganggu merupakan faktor kunci dalam terjadinya diabetes, baik itu diabetes tipe 1, tipe 2, maupun gestasional.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile