Rabu 15 Sep 2021 18:42 WIB

Telkom Perkenalkan mySooltan, Aplikasi bagi UMKM Go Online

Aplikasi mySooltan adalah bukti komitmen Telkom dalam mendukung UMKM

Red: Hiru Muhammad
Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara (kiri) menerima cendera mata saat berkunjung ke lokasi usaha Pondok Tekstil Kreasindo di Bandung, Jumat (10/9). Pada kesempatan ini Telkom memberikan apresiasi peningkatan layanan sooltanNet hingga 30 Mbps atas keberhasilan pengembangan usaha dan digitalisasi yang dilakukan Pondok Tekstil Kreasindo.
Foto: istimewa
Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara (kiri) menerima cendera mata saat berkunjung ke lokasi usaha Pondok Tekstil Kreasindo di Bandung, Jumat (10/9). Pada kesempatan ini Telkom memberikan apresiasi peningkatan layanan sooltanNet hingga 30 Mbps atas keberhasilan pengembangan usaha dan digitalisasi yang dilakukan Pondok Tekstil Kreasindo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Guna membantu pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar bisa go online secara cepat dan mudah, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menghadirkan aplikasi bernama mySooltan. Aplikasi ini hadir berlandaskan semangat tumbuh bersama (growing together) Telkom dengan UMKM dan pelaku ekonomi lainnya melalui pemanfaatan secara maksimal teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari.

Direktur Enterprise and Business Service Telkom, Edi Witjara menjelaskan, "Aplikasi ini dilengkapi infrastruktur digital yang dapat membuka peluang baru, memberikan ide kreativitas, dan memperkuat jaringan bisnis UMKM melalui kemitraan dengan masyarakat. Banyak solusi digital di mySooltan yang dapat membantu UMKM untuk tetap survive selama pandemi dan di era kenormalan baru, seperti solusi connectivity (sooltanNet), point of sales (Bonum), manajemen toko digital (Sakoo) dan aplikasi pembayaran melalui uang elektronik (Qren)."

Edi berkata, kemunculan aplikasi mySooltan adalah bukti komitmen Telkom dalam mendukung upaya pelaku UMKM selaku tulang punggung perekonomian nasional untuk melakukan migrasi bisnis ke arah digital. Aplikasi mySooltan adalah platform single digital touch untuk UMKM agar bisa melakukan migrasi bisnis dari model luring ke daring (go online) secara mudah. Melalui mySooltan, UMKM bisa mendapat berbagai manfaat untuk mengembangkan bisnisnya, mengatur perputaran roda usaha, serta memperluas pemasaran produk dan/atau jasa yang ditawarkan.

Pelaku UMKM dapat memanfaatkan mySooltan untuk memperkuat bisnisnya secara digital melalui berbagai fitur seperti pengaturan harga modal dan jual barang/jasa, stok produk, manajemen pegawai, manajemen konsumen, mengimplementasikan penggunaan sistem pembayaran berbasis uang elektronik, hingga membuat dan mencetak resi secara instan. Melalui berbagai fitur di dalamnya, mySooltan menjadi solusi bagi UMKM di Indonesia agar bisa melakukan proses onboarding secara cepat dan mudah.

Dukungan Telkom untuk digitalisasi UMKM tidak sebatas melalui pembuatan aplikasi seperti mySooltan. Edi memastikan, selama ini Telkom juga telah rutin melakukan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM agar bisa memperluas jaringan pasar, akses modal, dan mengerti serta memahami penggunaan teknologi digital demi pertumbuhan usaha ke depannya.

Salah satu wujud keberhasilan Telkom mendampingi UMKM untuk go online tercermin dari kisah sukses UMKM Pondok Tekstil Kreasindo yang berada di Bandung, Jawa Barat. UMKM binaan Telkom sejak 2011 ini merupakan salah satu pelaku usaha yang telah berhasil melakukan digitalisasi bisnis, sehingga dapat memperluas pemasaran produk dan bertahan selama pandemi berlangsung.

Digitalisasi usaha yang dilakukan Pondok Tekstil Kreasindo membuat usaha ini akhirnya dapat mengikuti sejumlah festival UMKM skala internasional sejak mulai dibina Telkom 10 tahun silam. Selain itu, UMKM Pondok Tekstil Kreasindo juga kini mampu memperluas pasar domestiknya melalui keikutsertaan dalam platform PaDi UMKM. Perkembangan usaha dan keberhasilan digitalisasi yang dilakukan Pondok Tekstil Kreasindo membuat Telkom memberikan apresiasi kepada UMKM ini.

Saat berkunjung ke lokasi usaha Pondok Tekstil Kreasindo pada Jumat (10/9) lalu, Telkom memberi hadiah berupa peningkatan layanan sooltanNet hingga 30 Mbps kepada UMKM ini. Hadiah tersebut diserahkan langsung oleh Edi Witjara didampingi Executive Vice President Divisi Business Service Telkom Syaifudin dan Deputy Executive Vice President Marketing Telkom Regional III Jawa Barat Davik Oktavian.

"Kami harap apresiasi kecil ini bisa menjadi pelecut semangat bagi Pondok Tekstil Kreasindo dan UMKM binaan Telkom lainnya untuk terus melakukan digitalisasi serta perubahan cara bisnis mengikuti perkembangan zaman. Kita harus bersama-sama masuk ke ranah digital demi meningkatkan kualitas dan taraf hidup masyarakat. Melalui digitalisasi secara masif di berbagai sektor, Telkom yakin nantinya Indonesia akan mampu menjadi negara terdepan dalam ekosistem ekonomi digital global. Mari, bersama kita kembangkan ekosistem ekonomi digital demi mewujudkan mimpi tersebut dan membawa Indonesia meraih kedaulatan digital," tutur Edi.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذْ اَخَذَ اللّٰهُ مِيْثَاقَ النَّبِيّٖنَ لَمَآ اٰتَيْتُكُمْ مِّنْ كِتٰبٍ وَّحِكْمَةٍ ثُمَّ جَاۤءَكُمْ رَسُوْلٌ مُّصَدِّقٌ لِّمَا مَعَكُمْ لَتُؤْمِنُنَّ بِهٖ وَلَتَنْصُرُنَّهٗ ۗ قَالَ ءَاَقْرَرْتُمْ وَاَخَذْتُمْ عَلٰى ذٰلِكُمْ اِصْرِيْ ۗ قَالُوْٓا اَقْرَرْنَا ۗ قَالَ فَاشْهَدُوْا وَاَنَا۠ مَعَكُمْ مِّنَ الشّٰهِدِيْنَ
Dan (ingatlah), ketika Allah mengambil perjanjian dari para nabi, “Manakala Aku memberikan kitab dan hikmah kepadamu lalu datang kepada kamu seorang Rasul yang membenarkan apa yang ada pada kamu, niscaya kamu akan sungguh-sungguh beriman kepadanya dan menolongnya.” Allah berfirman, “Apakah kamu setuju dan menerima perjanjian dengan-Ku atas yang demikian itu?” Mereka menjawab, “Kami setuju.” Allah berfirman, ”Kalau begitu bersaksilah kamu (para nabi) dan Aku menjadi saksi bersama kamu.”

(QS. Ali 'Imran ayat 81)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement