Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

2 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Dampak Negatif Merokok di Dalam Mobil

Rabu 15 Sep 2021 13:59 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Meski sudah dirilis sebelumnya, mobil-mobil ini diprediksi tetap akan digemari konsumen dan pencinta otomotif (Ilustrasi mengendarai mobil)

Meski sudah dirilis sebelumnya, mobil-mobil ini diprediksi tetap akan digemari konsumen dan pencinta otomotif (Ilustrasi mengendarai mobil)

Foto: Needpix
Asap rokok akan bertahan dan menempel di berbagai sudut kabin mobil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah pengendara mobil memiliki kebiasaan untuk menikmati sebatang rokok sambil berkendara. Ternyata, kebiasaan itu juga memiliki dampak negatif untuk mobil.

Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara mengatakan, kebiasaan rokok memiliki dampak negatif karena akan meninggalkan aroma di dalam kabin.

Baca Juga

"Asap rokok akan bertahan dan menempel di berbagai sudut kabin mobil, terutama di area dasbor, setir, dan panel pintu depan. Aroma tidak sedap khas nikotin bakal terus menempel dan akan sangat sulit dihilangkan sampai kapanpun," kata Nur Imansyah Tara dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Rabu (15/9).

Selain itu, akumulasi bekas asap rokok juga berpotensi menimbulkan noda pada atap kabin. Biasanya, bekas asap rokok akan meninggalkan bercak kuning atau kehitam-hitaman.

Sisa asap rokok sendiri juga berpotensi mengganggu kinerja AC. Menurutnya, asap rokok mempunyai potensi masuk ke dalam sistem sirkulasi AC dan mengendap sehingga udara dari AC mobil akan bercampur dengan nikotin yang membahayakan.

"Selain itu, asap rokok juga akan menempel pada filter bahkan menempel pada evaporator AC yang dapat membuat bau tidak hilang walaupun sudah dilakukan penggantian filter kabin. Aroma tidak sedap dari bekas asap rokok akan terus ikut bersirkulasi waktu AC dinyalakan sehingga berpotensi mengganggu kesehatan," ucapnya.

Selanjutnya, mobil yang sering dikendarai sembari merokok juga biasanya dihindari dalam pasar mobil bekas. Mengingat, calon pemilik mobil pasti tidak ingin membeli mobil bekas yang tercium aroma rokok atau bahkan ada bercak nikotin di dalam mobil karena hal ini mengindikasikan pemilik sebelumnya perokok atau malas menjaga kebersihan mobil.

"Kalaupun harus diperbaiki, butuh biaya besar untuk mengembalikan kebersihan kabin mobil dari aroma rokok. Itupun tidak ada jaminan bau khas dan menyengat tersebut dapat sepenuhnya hilang dari dalam mobil," ujar dia.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile