Kamis 16 Sep 2021 14:47 WIB

Kontingen NTT di PON Papua Dikawal 31 Personel Brimob

Personel Brimob yang bertugas di Papua mengawal kontingen atlet NTT.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kapolda NTT Irjen Lotharia Latif (kanan).
Foto: Antara/Kornelis Kaha
Kapolda NTT Irjen Lotharia Latif (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Sebanyak 31 personel Brimob Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) ditugaskan khusus untuk mengawal kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) asal NTT yang akan berlaga di PON XX Papua. Kontingen NTT direncanakan berangkat ke kota Jayapura pada Sabtu (18/9).

"Jadi sudah ada perintah dan amanatnya bahwa setiap kontingen untuk pengamanan internalnya diserahkan kepada Polda masing-masing. Sehingga hari ini kita lepas 31 personel untuk mengawal kontingen dari NTT," kata Kapolda NTT Irjen Lotharia Latif di Kota Kupang, Kamis (16/9).

Lothatia memimpin upacara pelepasan 31 personel Brimob yang akan bertugas di Papua dalam rangka menjaga dan mengawal kontingen PON dari NTT. Menurut dia, Papua memiliki kekhasan khusus baik dari aspek respektik keamanan dan prespektif harkamtibmas.

Sehingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan untuk menyiapkan pengamanan bagi setiap kontingen dari provinsi yang berangkat ke Papua. "Karena itu kita juga menyiapkan personel yang kita miliki saat ini," ujar Lothatia.

Sebelum ditugaskan untuk berangkat ke Papua, Lothatia mengaku, sudah menyampaikan kepada Dansat Brimob agar melaksanakan pelatihan untuk menyegarkan kembali kemampuan prajurit. Seperti membina kemampuan yang ada, karena setiap penugasan adalah panggilan tugas yang harus dipertanggungjawabkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement