Ahad 19 Sep 2021 00:29 WIB

Peringati Dies Natalis, UNJ Open 2021 Digelar

UNJ memiliki GOR yang berstandar internasional untuk pengembangan sport science.

Red: Bilal Ramadhan
Edura Sport dibawah naungan Edura UNJ menyelenggarakan UNJ Open 2021.
Foto: Istimewa
Edura Sport dibawah naungan Edura UNJ menyelenggarakan UNJ Open 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Edura Sport dibawah naungan Edura UNJ menyelenggarakan UNJ Open 2021. Penyelenggaraan UNJ Open 2021 mempunyai beberapa tujuan di antaranya, memperingati Dies Natalis UNJ, memperingati 17 Agustus dan memperingati Haornas. UNJ Open 2021 dibuka pada Jumat, 17 September 2021. Dan untuk pelaksanaan pertandingannya dimulai pada tanggal 18 sampai dengan 19 September 2021.

Perkembangan pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini telah menyurutkan kegiatan pekan olahraga terutama dibidang bulu tangkis, salah satu cabang olahraga di Indonesia yang sudah menyumbang banyak prestasi kejuaraan, baik level nasional maupun internasional. Untuk itu dengan UNJ Open 2021 ini diharapkan menjadi momentum membangkitkan generasi bulu tangkis Indonesia.

Penyelenggaraan UNJ Open 2021 ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan diawasi oleh tim dokter. Kegiatan UNJ Open 2021 membatasi penonton hanya dari lingkungan sivitas akademika UNJ dan tamu undangan yang terdiri dari atlet dan pihak terkait.

Selain itu, penyelenggaraan kegiatan ini sudah berkomunikasi dengan beberapa lembaga kesehatan agar kegiatan ini tetap terlaksana dengan aman sesuai dengan protokol kesehatan.

Drs. Endang Darajat, M.KM selaku Ketua Edura Sport menyampaikan laporannya, bahwa dalam UNJ Open 2021 ini mempertandingkan tiga nomor pertandingan, yaitu Pertandingan Nomor Eksekutif, yang akan diikuti oleh pimpinan, Pertandingan Nomor Prestasi, yang diikuti oleh Dosen dan Tenaga Pendidik serta Pertandingan Nomor Bebas.

"Untuk UNJ Open 2021 kali ini hadiahnya dinaikan dari sebelumnya Rp 12,5 juta menjadi Rp 20 juta. Sementara untuk penyiaran pertandingan UNJ Open 2021 disiarkan secara eksklusif di channel youtube Edura TV," kata Endang dalam rilisnya, Sabtu (18/9).

Dalam kesempatan ini juga, Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ menyampaikan ada beberapa tujuan diadakannya kegiatan ini, salah satunya memperingati Haornas. Peringatan Haornas menjadi sebuah kewajiban karena ditunjuk langsung Menteri Pemuda dan Olahraga menjadi pengembangan sport science.

"Sebab UNJ memiliki GOR yang berstandar internasional dengan berbagai fasilitas olahraga dan laboratorium untuk pengembangan sport science," kata dia.

Keberadaan GOR UNJ ini juga sudah diakui para dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dari berbagai perguruan tinggi yang sudah berkunjung sendiri menyaksikan berbagai fasilitas yang ada di GOR UNJ. Tujuan kedua dari UNJ Open 2021 ini yaitu silaturahmi antar insan olahraga yang bukan hanya untuk insan fakultas ilmu olahraga, tapi insan olahraga.

"Dan tujuan ketiga ialah menggairahkan olahraga di masa pandemi saat ini," jelas dia.

Keseriusan UNJ dalam mengembangkan prestasi olahraga nasional tersebut juga hadir dengan dibentuknya Edura Sport, sebagai wadah dan lembaga yang dapat terus bekerja untuk mendukung dan memajukan cabang olahraga sivitas akademika UNJ dan khususnya untuk Tanah Air Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement