Ahad 19 Sep 2021 05:33 WIB

Lembaran Aluminium Penyelamat Kebakaran di AS

Lembaran aluminium jadi penyelamat kebakaran rumah di AS.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Agung Sasongko
Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api (ilustrasi)
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, RENO -- Martin Diky mengaku panik saat api besar mulai menjalar menuruni lereng menuju rumah kayunya di dekat Danau Tahoe. Kontraktor itu memiliki cukup waktu untuk melakukan penelitian cepat dan memutuskan untuk membungkus rumah gunungnya dengan penutup pelindung aluminium.

Bahan yang dapat menahan panas yang hebat untuk waktu yang singkat ini menyerupai kertas timah dari laci dapur. Namun, bentuknya lebih besar dan biasa digunakan petugas pemadam kebakaran hutan sebagai upaya terakhir untuk melindungi diri mereka sendiri ketika terjebak oleh api.

Baca Juga

Diky yang tinggal sebagian besar waktu di San Francisco Bay Area membeli pembungkus senilai 6.000 dolar AS dari Firezat Inc. di San Diego. Aluminium itu cukup untuk menutupi rumah keduanya seluas 130 meter persegi di tepi dari komunitas kecil California di Meyers.

"Itu cukup mahal, dan Anda akan merasa bodoh jika mereka menghentikan api sebelum api mendekat. Namun, saya sangat senang kami melakukannya. Itu cukup menegangkan ketika api turun dari lereng," ujar Dicky.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement