Senin 20 Sep 2021 05:05 WIB

Mozaik Sejarah dalam Alquran

Permusuhan akan terus berlangsung di antara anak cucu Adam di muka bumi.

Red: Ani Nursalikah
Mozaik Sejarah dalam Alquran
Foto:

Permusuhan akan terus berlangsung di antara anak cucu Adam di muka bumi hingga mereka dibangkitkan kembali. Generasi demi generasi datang silih berganti. Masing-masing mengemban amanat untuk memakmurkan bumi. Sebagian mentaati peraturan-peraturan Allah swt dan sebagian lain mengingkarinya.

Allah swt berfirman (ditulis artinya), Kami menceritakan kepadamu (Muhammad) kisah yang paling baik dengan mewahyukan Alquran ini kepadamu, dan sesungguhnya engkau sebelum itu termasuk orang yang tidak mengetahui. (QS 12:3)

Sungguh, pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang yang mempunyai akal. (Alquran) itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya, menjelaskan segala sesuatu, dan (sebagai) petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. (QS 12:111)

Allah swt menjadikan generasi demi generasi manusia di muka bumi. Mereka leluasa membuat tempat singgah dengan memahat bukit-bukit agar terhindar dari kegananasan alam, dengan catatan tidak membuat kerusakan. Masing-masing akan mempertanggungjawabnkan kelakuannya.

﴿ وَاذْكُرُوْٓا اِذْ جَعَلَكُمْ خُلَفَاۤءَ مِنْۢ بَعْدِ عَادٍ وَّبَوَّاَكُمْ فِى الْاَرْضِ تَتَّخِذُوْنَ مِنْ سُهُوْلِهَا قُصُوْرًا وَّتَنْحِتُوْنَ الْجِبَالَ بُيُوْتًا ۚفَاذْكُرُوْٓا اٰلَاۤءَ اللّٰهِ وَلَا تَعْثَوْا فِى الْاَرْضِ مُفْسِدِيْنَ ٧٤ ﴾

Ingatlah ketika Dia menjadikan kamu khalifah-khalifah setelah kaum ‘Ad dan menempatkan kamu di bumi. Di tempat yang datar kamu dirikan istana-istana dan di bukit-bukit kamu pahat menjadi rumah-rumah. Maka ingatlah nikmat-nikmat Allah dan janganlah kamu membuat kerusakan di bumi. (QS 7:74)

﴿ تِلْكَ اُمَّةٌ قَدْ خَلَتْ ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَلَكُمْ مَّا كَسَبْتُمْ ۚ وَلَا تُسْـَٔلُوْنَ عَمَّا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ ١٣٤ ﴾

Itulah umat yang telah lalu. Baginya apa yang telah mereka usahakan dan bagimu apa yang telah kamu usahakan. Dan kamu tidak akan diminta pertanggungjawaban tentang apa yang dahulu mereka kerjakan. (QS 2:134, 2:141)

Sungguh, telah berlalu sebelum kamu sunnah-sunnah (Allah), karena itu berjalanlah kamu ke (segenap penjuru) bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang yang mendustakan (rasul-rasul). (QS 3:137 )

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement