Senin 20 Sep 2021 05:05 WIB

Mozaik Sejarah dalam Alquran

Permusuhan akan terus berlangsung di antara anak cucu Adam di muka bumi.

Red: Ani Nursalikah
Mozaik Sejarah dalam Alquran
Foto:

Contoh kaum yang bersungguh-sungguh mengelola alam sekitarnya adalah kaum Saba` di Yaman pada era Nabi dan Raja Sulaiman. Selama beberapa aabad negeri itu makmur dan bahagia. Pengairan dari bendungan Ma’rib melimpah.

Jalan-jalan dan saluran-saluran air dikelilingi kebun-kebun di kanan dan kiri. Negeri itu menghasilkan buah-buahan, rempah-rempah, dan wewangian. Hal itu diabadikan dalam Alquran sebagai berikut.

﴿ لَقَدْ كَانَ لِسَبَاٍ فِيْ مَسْكَنِهِمْ اٰيَةٌ ۚجَنَّتٰنِ عَنْ يَّمِيْنٍ وَّشِمَالٍ ەۗ كُلُوْا مِنْ رِّزْقِ رَبِّكُمْ وَاشْكُرُوْا لَهٗ ۗبَلْدَةٌ طَيِّبَةٌ وَّرَبٌّ غَفُوْرٌ ١٥ ﴾

Sungguh, bagi kaum Saba’ ada tanda (kebesaran Tuhan) di tempat kediaman mereka yaitu dua buah kebun di sebelah kanan dan di sebelah kiri, (kepada mereka dikatakan), “Makanlah olehmu dari rezeki yang (dianugerahkan) Tuhanmu dan bersyukurlah kepada-Nya. (Negerimu) adalah negeri yang baik (nyaman) sedang (Tuhanmu) adalah Tuhan Yang Maha Pengampun.” (QS 34:15)

Di sisi lain, terdapat negeri yang dipimpin oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, sebagaimana dinarasikan dalam Alquran,

﴿ وَكَذٰلِكَ جَعَلْنَا فِيْ كُلِّ قَرْيَةٍ اَكٰبِرَ مُجْرِمِيْهَا لِيَمْكُرُوْا فِيْهَاۗ وَمَا يَمْكُرُوْنَ اِلَّا بِاَنْفُسِهِمْ وَمَا يَشْعُرُوْنَ ١٢٣ ﴾

Demikianlah pada setiap negeri Kami jadikan pembesar-pembesar yang jahat agar melakukan tipu daya di negeri itu. Tapi mereka hanya menipu diri sendiri tanpa menyadarinya. (QS 6:123)

Sebagai bangsa yang besar kita harus waspada terhadap segala penyimpangan yang dilakukan oleh penguasa, karena hal itu akan mengundang murka Allah swt. Begitu banyak bangsa-bangsa terdahulu yang dimusnahkah Allah swt akibat ulah tangan mereka. Sebaliknya, kita niscaya mencanangkan semangat iman dan takwa kepada Allah swt, agar Dia senantiasa membukakan pintu-pintu berkah dari langit, sesuai dengan janji-Nya.

﴿ وَلَوْ اَنَّ اَهْلَ الْقُرٰٓى اٰمَنُوْا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكٰتٍ مِّنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ وَلٰكِنْ كَذَّبُوْا فَاَخَذْنٰهُمْ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ ٩٦ ﴾

Sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan. (QS 7:96)

Ya Allah, jadikanlah negeri kami ini aman, tenteram, dan damai, dan karuniakanlah kepada penduduknya rezeki yang melimpah dengan segala kekayaan alamnya dengan sentuhan tangan anak negeri yang cerdas, terampil, bertanggung jawab, berdedikasi tinggi dan bertakwa.

https://suaramuhammadiyah.id/2021/09/08/mozaik-sejarah-dalam-al-quran/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement