Senin 20 Sep 2021 18:50 WIB

Jelang PON, Pemuda Yoboi Didorong Bikin Racikan Kopi Unik

Pemuda Yoboi dapat meracik kopi tanpa perlengkapan modern.

Red: Reiny Dwinanda
Minuman kopi. Pemuda Kampung Yoboi, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua diajak berkreasi untuk memunculkan racikan kopi yang unik menjelang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON).
Foto: PixaHive
Minuman kopi. Pemuda Kampung Yoboi, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua diajak berkreasi untuk memunculkan racikan kopi yang unik menjelang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON).

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Barista Piter Tan mendorong para pemuda di Kampung Yoboi, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua untuk memunculkan menu-menu unik hasil dari meracik kopi. Ia mengatakan, ide untuk memunculkan menu unik ini bisa disesuaikan dengan kearifan lokal yang ada pada Kampung Yoboi.

"Kampung Yoboi sudah unik, menyajikan menu-menu kuliner yang lokal dapat memberikan nilai jual tersendiri," kata Piter, barista bersertifikat Specialty Coffee Association of Europe dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Senin.

Baca Juga

Menurut Piter, pemuda kampung Yoboi dapat berkreasi misalnya dengan menggunakan air kelapa untuk meracik kopi. Bisa juga dengan memakai batok kelapa untuk menyajikan kopi kepada konsumen.

"Jangan takut untuk memulai meracik kopi tanpa perlengkapan yang modern, karena hanya dengan kayu bakar juga dapat memasak air untuk membuat kopi," ujar pemilik Kedai Kopi Pit's Corner di Jayapura.

Piter menjelaskan, biji kopi juga bisa ditumbuk secara manual. Barista lokal tak perlu khawatir untuk menyajikan kopi dengan peralatan seadanya.

"Intinya, menyajikan kopi tidak harus menggunakan peralatan modern, apa yang ada di sekeliling bisa digunakan sesuai dengan peruntukannya," jelas Piter.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا يَحِلُّ لَكُمْ اَنْ تَرِثُوا النِّسَاۤءَ كَرْهًا ۗ وَلَا تَعْضُلُوْهُنَّ لِتَذْهَبُوْا بِبَعْضِ مَآ اٰتَيْتُمُوْهُنَّ اِلَّآ اَنْ يَّأْتِيْنَ بِفَاحِشَةٍ مُّبَيِّنَةٍ ۚ وَعَاشِرُوْهُنَّ بِالْمَعْرُوْفِ ۚ فَاِنْ كَرِهْتُمُوْهُنَّ فَعَسٰٓى اَنْ تَكْرَهُوْا شَيْـًٔا وَّيَجْعَلَ اللّٰهُ فِيْهِ خَيْرًا كَثِيْرًا
Wahai orang-orang beriman! Tidak halal bagi kamu mewarisi perempuan dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, kecuali apabila mereka melakukan perbuatan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka menurut cara yang patut. Jika kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena boleh jadi kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan kebaikan yang banyak padanya.

(QS. An-Nisa' ayat 19)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement