Selasa 21 Sep 2021 06:18 WIB

Wapres Harap Kesetaraan dalam Kemitraan Usaha Besar-Kecil

Hanya 9 persen UMKM yang menjalin kemitraan dengan pelaku usaha besar.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ratna Puspita
Wakil Presiden Maruf Amin.
Foto: Dok KIP/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap adanya kemitraan yang setara antara pelaku usaha besar dan kecil. Wapres menyebut, selama ini pelaku usaha besar menganggap bentuk kemitraan dengan pelaku usaha kecil sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) sehingga sifatnya hanya memberikan santunan. 

Karena itu, Wapres meminta pola ini dapat diubah menjadi pola kerja sama yang setara dan saling memberikan dukungan usaha yang saling menguntungkan. "Yang kita mau adalah kemitraan (antara pelaku usaha besar dan kecil) dengan kesetaraan dalam bentuk saling memberikan dukungan,” ujar Ma’ruf melalui siaran pers resmi Setwapres, saat menerima Ketua KPPU Kodrat Wibowo secara virtual pada Senin (20/9).

Baca Juga

Wapres mengatakan, iklim usaha yang kondusif merupakan salah satu prasyarat perkembangan usaha dalam negeri. Saat ini, pemerintah juga telah menyiapkan berbagai instrumen pendukung iklim usaha, khususnya di industri keuangan syariah mulai dari skala besar, menengah, kecil, mikro, hingga ultramikro.

“Dari segi keuangan, instrumennya sudah cukup. Dari yang besar, menengah, kecil, sampai yg mikro dan ultramikro. Yang masih perlu kita lakukan adalah optimalisasi,” katanya.