Selasa 21 Sep 2021 20:26 WIB

Cegah Gelombang Ketiga Covid-19 dengan Taat Prokes

Walau Covid-19 turun, tak menutup kemungkinan terjadi kenaikan ke depannya.

Red: Qommarria Rostanti
Cara mencegah gelombang ketiga dengan menaati prokes (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Cara mencegah gelombang ketiga dengan menaati prokes (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sub Bidang Mitigasi dr Falla Adinda mengatakan penerapan protokol kesehatan (prokes) sangat penting dan harus konsisten dilakukan. Tujuannya untuk mencegah gelombang ketiga Covid-19.

"Gelombang ketiga ini bukan hal yang tidak mungkin, bahkan besar kemungkinan bisa terjadi apabila masyarakat tidak taat prokes," kata Falla dalam dialog virtual "Ayo Pakai Masker, Ayo Cepat Vaksin" di Jakarta, Selasa (21/9).

Falla mengatakan pelaksanaan protokol kesehatan tersebut harus terus-menerus disuarakan kepada masyarakat dan berharap semua pihak bersinergi mengedukasi dan mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan. "Ayo dipakai maskernya, dijaga jaraknya, dijaga kebersihannya, juga hindari mobilitas yang tidak perlu dan jauhi keramaian," ujarnya.

Menurut Falla, jika itu semua bisa konsisten dilakukan oleh semua lapisan masyarakat maka mudah-mudahan gelombang ketiga tidak terjadi. Dia mengatakan penurunan kasus Covid-19 saat ini adalah keberhasilan bersama sehingga semua pihak harus tetap berkolaborasi dan bersinergi serta saling bahu membahu untuk mencegah kenaikan kasus.