Selasa 21 Sep 2021 23:36 WIB

Jenis-Jenis Love Language, yang Mana Karakter Anda?

Pertengkaran pasangan bisa terjadi karena memiliki love language berbeda.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Jenis-jenis love language (ilustrasi)
Foto: republika
Jenis-jenis love language (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Walaupun sudah menjalin hubungan sekian tahun lamanya, suami atau istri Anda mungkin tetap tidak tahu apa yang Anda sukai dan apa yang bisa membuat Anda bahagia. Begitu pula sebaliknya, Anda juga merasa bingung bagaimana menyenangkan pasangan.

Bisa jadi penyebab Anda merasa seperti ini karena Anda belum kenal love language diri sendiri dan pasangan. Mengenal love language atau bahasa cinta sangat penting agar Anda bisa menyenangkan pasangan sesuai dengan love language-nya.

Anda tidak memaksakan pasangan bahagia dengan pelukan bila yang dia butuhkan adalah bantuan. Pertengkaran pasangan terjadi karena mereka memiliki love language yang berbeda dan tidak mau saling mengerti kebutuhan love language dari pasangannya. 

Untuk Anda yang merasa asing dengan istilah love language, psikolog dan konselor aplikasi konseling Riliv, Ni Made Putri Ariyanti, M.Psi menjelaskan apa itu love language

"Love language adalah cara seseorang mengekspresikan rasa cintanya kepada orang lain," kata dia.

Selain itu, love language juga menggambarkan preferensi personal terkait bentuk perlakuan yang bisa membuat seseorang merasa dicintai oleh pasangannya. Mungkin ada orang-orang yang merasa dicintai saat mendapatkan pujian atau ada juga yang merasa dicintai saat diberi hadiah. Ini semua tergantung love language.

Jika Anda penasaran dengan love language yang Anda dan pasangan miliki, silakan simak jenis-jenis love language di bawah ini:

1. Word of affirmation

Jika Anda memiliki jenis love language yang pertama, Anda akan mengungkapkan rasa cinta dan juga merasa dicintai saat mendapatkan pujian, apresiasi, dan berbagai kalimat afirmasi lainnya yang mengekspresikan rasa cinta. Makanya Anda akan merasa sangat bahagia saat mendengar pasangan mengatakan “Kamu cantik”, “I love you”, atau “Aku sayang kamu”.

2. Receiving gift

Apabila Anda termasuk orang yang memiliki love language jenis receiving gift, Anda akan merasa dicintai saat pasangan memberikan hadiah. Perasaan bahagia dan dicintai ini muncul bukan karena mahalnya hadiah yang diberikan, namun karena niat baik dan usaha pasangan untuk mencari dan membeli hadiah. Selain senang menerima hadiah, Anda juga senang memberikan hadiah kepada pasangan.  

3. Physical touch

Berbeda dengan dua jenis love language sebelumnya, Anda yang memiliki love language physical touch akan merasa dicintai dan menunjukkan rasa cinta dengan melakukan skin ship. Misalnya Anda akan memeluk pasangan sebagai cara menunjukkan rasa sayang atau Anda berharap pasangan merangkul Anda saat merasa sedih. 

4. Acts of service

Jika Anda memiliki love language act of service, Anda lebih suka pasangan yang memberikan aksi nyata. Misalnya saat melihat Anda lelah, pasangan langsung peka dan berinisiatif membereskan rumah.

Menurut Anda, pujian atau kata-kata penghiburan tidak terlalu berarti karena Anda lebih suka aksi nyata. Makanya, Anda juga berusaha take an action saat pasangan membutuhkan Anda.

5. Quality time

Jenis love language terakhir adalah quality time. Anda akan merasa sangat senang saat bisa menghabiskan waktu berdua bersama pasangan seperti menonton film bersama, melakukan hobi bersama, atau traveling bersama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement