Rabu 22 Sep 2021 21:09 WIB

Manfaat Kesehatan Puasa Senin Kamis

Puasa Senin dan Kamis mendatangkan manfaat kesehatan.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Manfaat Kesehatan Puasa Senin Kamis. Foto: Ilustrasi Berpuasa
Foto: Prayogi/Republika
Manfaat Kesehatan Puasa Senin Kamis. Foto: Ilustrasi Berpuasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ada sejumlah jenis puasa dalam Islam. Ada yang sifat hukumnya wajib seperti puasa Ramadhan, ada juga yang sifatnya sunnah seperti puasa Senin dan Kamis dan puasa-puasa lainnya.

Jamal Muhammad Az-Zaki dalam buku Sehat dengan Ibadah menjelaskan sederet manfaat puasa, termasuk puasa sunnah. Dia menjelaskan bahwa di antara bahaya paling menakutkan bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari adalah mengendapnya zat racun dalam sel, sebab itu dapat mengancam kesehatan.

Baca Juga

Para ilmuwan mengatakan bahwa zat-zat racun yang menempel dalam sel akan menghambat kinerja sel dan memperlambat aktivitasnya. Zat-zat racun yang bersarang dalam tubuh, penumpukannya membutuhkan waktu yang cukup lama dan manusia tidak mungkin menghindarinya. Inilah yang menjadi faktor penuaan dini pada manusia.

Sedangkan, tubuh manusia berpotensi besar menyerap zat-zat racun. Sesungguhnya zat-zat racun yang menumpuk dalam tubuh senantiasa bekerja merusak sel-sel tubuh secara kontinuitas. Sedangkan puasa bekerja seperti senjata tersamar yang menangkal dan membuangnya tanpa meninggalkan pengaruh di bagian organ-organ manusia.

Untuk itu, puasa sunnah yang rutin seperti Senin-Kamis (setiap pekan) sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Dia dapat menjadi perisai tubuh yang menyerap zat-zat racun tadi. Di samping itu, terkait puasa, Rasulullah SAW bersabda, “As-Shiyyamu junnatun,”. Yang artinya, “Puasa adalah perisai,”.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement