Kamis 23 Sep 2021 17:14 WIB

Kemenangan Dramatis Antarkan PSM ke Puncak Klasemen Liga 1

PSM mengalahkan Persik 3-2, tapi posisinya di puncak masih bisa tergusur hari ini.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pesepak bola Persik Kediri Sackie (tengah) melakukan tendangan ke gawang PSM Makassar pada lanjutan Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (23/9/2021).
Foto: Antara/Fakhri Hermansyah
Pesepak bola Persik Kediri Sackie (tengah) melakukan tendangan ke gawang PSM Makassar pada lanjutan Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (23/9/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSM Makassar naik ke puncak klasemen sementara BRI Liga 1 2021/2022 setelah meraih kemenangan dramatis. PSM menaklukkan Perik Kediri 3-2 pada laga pekan keempat di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kamis (23/9) sore, lewat gol injury time Ilham Udin.

PSM mengoleksi nilai delapan dari empat laga, sementara Persik di posisi tujuh dengan nilai empat. Posisi Persik masih bisa digusur tim-tim lain yang bertanding hari ini.

Baca Juga

Jalannya laga 

PSM tanpa ragu langsung memberikan tekanan ke lini pertahanan Persik sejak pertandingan dimulai. Peluang pertama didapat di menit ketiga ketika mendapat hadiah tendangan bebas saat Sutanto Tan dilanggar oleh Ibrahim Bahsoun. Namun upaya PSM bisa ditangani oleh pertahanan Persik. 

Dua menit berselang, kombinasi serangan yang dibangun PSM akhirnya membuahkan gol. Berawal dari umpan jauh dari kiri ke arah Yakob Sayuri kemudian dilanjutkan dengan umpan tarik kepada Anco Jansen yang berdiri bebas, berujung gol ke gawang Persik. 

Pada menit ke-13, PSM kembali mengancam melalui situasi bola mati. Jansen mengambil tendangan bebas yang mengarah langsung ke gawang. Namun bola bisa ditepis oleh kiper Dian Agus dan menghasilkan tendangan sudut. 

Persik kesulitan menemukan ritme permainan. Beberapa serangan yang dibangun dengan mudah dipatahkan oleh pemain PSM di bagian tengah lapangan. Belum ada ancaman berarti yang diberikan di 15 menit pertama. Hingga di menit ke-17 peluang sempat tercipta tapi tidak berbuah apa-apa. 

PSM terus mendominasi permainan, dengan beberapa peluang yang diciptakan dari kerjasama antara Yakob dan Jansen. Namun, belum ada peluang yang benar-benar dikonversi menjadi gol untuk menambah keunggulan mereka. 

Persik akhirnya mulai beradaptasi dengan permainan. Beberapa kali tim asuhan Joko Susilo bisa membongkar pertahanan PSM. Hingga di menit ke-30 Youssef mendapat peluang terbuka di depan kotak penalti. Tapi sangat disayangkan tendangan Youssef masih terlalu lemah dan mengarah tepat ke kiper. 

Dua menit berselang, Youssef akhirnya berhasil menyamakan kedudukan. Ia menunjukkan skill individunya menghadapi dua pemain belakang PSM. Penetrasinya diakhiri dengan tendangan kaki kiri yang mengarah langsung ke gawang. Skor pun berubah 1-1. 

Tanpa waktu lama, PSM kembali unggul melalui gol yang diciptakan Pluim di menit ke-33. Pluim dengan sigap memanfaatkan tendangan sapuan tidak sempurna dari Ahmad Agung di depan kotak penalti. Dari bola liar tersebut Pluim langsung melepaskan tembakan ke gawang dan membawa PSM kembali unggul dengan skor 2-1. 

Persik kembali menyamakan kedudukan di menit ke-40. Berawal dari tendangan yang dilepaskan oleh Dany Saputra ke arah gawang dan masih bisa ditepis oleh Syaiful, tapi boladengan sigap langsung disambut oleh Youssef dengan sentuhan dadanya. Skor pun berubah 2-2. 

Persik semakin percaya diri dan lebih banyak memberikan ancaman di menit-menit akhir babak pertama. Dua kali tendangan sudut diperoleh Persik tapi belum ada peluang yang berhasil dikonversi menjadi gol. Skor 2-2 pun bertahan hingga turun minum. 

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement