Kamis 23 Sep 2021 20:31 WIB

Tak Semua Telur Picu Alergi, Telur Cage-Free Bisa Jadi Opsi

Telur Healthy Eggs teruji klinis bebas reaksi alergi

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Nashih Nashrullah
Telur Healthy Eggs teruji klinis bebas reaksi alergi. Ilustrasi telur
Telur Healthy Eggs teruji klinis bebas reaksi alergi. Ilustrasi telur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Telur dikenal sebagai bahan makanan kaya nutrisi. Bagian putih telur kaya akan sumber protein, vitamin B kompleks, dan selenium. Lalu kuning telurnya mengandung lemak, kalori, kolesterol, dan sejumlah mineral. 

Sayang, tak semua orang dapat mengkonsumsi telur. Bagi sebagian orang, khususnya anak-anak, telur menjadi pemicu alergi. Reaksinya pun beragam, mulai dari gatal-gatal hingga gejala yang lebih parah. 

Baca Juga

Alergi telur disebabkan sistem kekebalan tubuh mengindentifikasi protein telur sebagai zat yang membahayakan. Alhasil, tubuh melepaskan bahan kimia seperti histamin ke darah dan menimbulkan alergi. 

Bagi orang tua, khususnya ibu, mesti memberi perhatian lebih bila sang buah hati ternyata memiliki reaksi alergi telur. Maklum, telur mudah ditemukan dalam begitu banyak makanan. 

Salah seorang ibu, Meirin Dwi Kundari, mengaku khawatir bila putrinya yang berusia enam tahun mengkonsumsi telur karena bakal menimbulkan reaksi alergi. Dia lalu sempat bingung mencari makanan pengganti yang nilai nutrisinya selengkap telur. 

"Padahal anak saya dalam masa pertumbuhan sehingga harus mendapatkan makanan dengan protein hewani seperti telur," kata Meirin kepada Republika.co.id, Kamis (23/9). 

Beruntung, tak semua jenis telur dapat memantik alergi. Satu di antaranya jenis telur cage-free. Meirin kini memilih telur cage-free berlabel Healthy Eggs produksi PT Inti Prima Satwa Sejahtera (IPSS) sebagai solusi atas alergi telur yang dialami anaknya. 

"Kini tidak perlu takut lagi jika anak saya mengkonsumsi telur karena ada telur dari Healthy Eggs yang tidak menyebabkan reaksi alergi," ungkap Meirin. 

Sementara itu, Direktur Utama PT IPSS, Roby Tjahya Dharma Gandawijaya, menjelaskan produk telur cage-free seperti Healthy Eggs menjadi pilihan bagi mereka yang alergi telur. Ia menyebut klaimnya sudah terbukti secara klinis bebas reaksi alergi. 

"Karena sudah terbukti secara klinis jadi kami berani mencantumkan hypoallergenic dalam kemasan," ucap Roby. 

Roby menyampaikan produk telur dari peternakan IPSS mengedepankan aspek animal welfare atau kesejahteraan hewan. Keunggulan telur IPSS lainnya ialah bebas dari bakteri Salmonella dan e-colli. 

Lalu, cangkang telurnya pun lebih bersih dan tak terkontaminasi kotoran ayam. Pemilihan pakan ayam berupa jagung, jinten, dan produk herbal turut berkontribusi pada kualitas telur.  

"Artinya, telur cage-free menjadi bebas residu kimia. Telur tidak berbau amis dan rasanya lebih gurih tanpa perlu lagi MSG. Jadi buat anak sangat aman dikonsumsi," ucap Roby.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement